Sementara pakai Mobile Tower, AP II segera bangun Tower ATC kedua untuk Bandara Soetta

Tangerang –   dalam waktu dekat akan segera membangun satu lagi tower air traffic control (ATC) khusus untuk Soetta. Dengan begitu, maka Soekarno Hatta akan memiliki dua tower ATC.

tower air traffic control - en.wikipedia.org

tower air traffic control – en.wikipedia.org

“AP II janji itu ke Pak Menhub secepatnya (tower ATC dibangun),” kata Wisnu Dardjono, Direktur Operasi Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Indonesia (LPPNPI) di Tangerang, Selasa (14/6).

Wisnu menjelaskan, keputusan itu diambil sebab Tower ATC yang sudah ada tak dapat melihat langsung ke arah apron Terminal 3 Ultimate. Hal ini sempat dipertanyakan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat meninjau T3U beberapa waktu lalu. Meski sebenarnya dapat disiasati menggunakan CCTV, namun Menteri Jonan mensyaratkan agar AP II kembali membangun tower ATC sesuai regulasi.

Hingga tower ATC kedua tersebut selesai dibangun, AP II akan memanfaatkan sebuah tower portable sebagai solusi sementara.

“Namanya mobile tower,” ungkap Wisnu.

Untuk diketahui, penggunaan lebih dari 1 ATC adalah hal yang lumrah di Bandara-bandara internasional seluruh dunia. Tower-tower tersebut dibangun untuk mengatur penerbangan di bandara yang memiliki banyak runway atau apron luas. Sementara di Indonesia, belum ada bandara yang memiliki lebih dari 1 tower ATC.