Selamat! Soetta Jadi Bandara Paling Berkembang di Dunia Versi Skytrax

Jakarta meraih penghargaan sebagai The World’s Most Improved Airport 2017 pada ajang World Airport Awards yang digelar oleh . Prestasi yang dicapai oleh Soetta ini sekaligus menggeser posisi Hamad Doha Qatar, Houston AS, Delhi India, dan sejumlah terbaik di dunia yang lain.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin - www.josstoday.com

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin – www.josstoday.com

Berdasar hasil voting dari 13,82 juta netizen dari 105 terhadap 550 bandara di dunia sepanjang Juli 2016 hingga Februari 2017 Bandara Soetta naik dari posisi ke-63 menjadi ke posisi 44 dalam The World’s Top 100 Airports 2017. Selain itu Bandara Soetta juga menjadi The World Most Improved Airport 2017.

“Kami melompat 19 point, capaian terbaik selama ini. Kami sebenarnya hanya menargetkan masuk di 50 besar dunia. Terima kasih atas support dari seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Pak (Menteri Pariwisata) Arief Yahya dan seluruh jajaran Kementerian Pariwisata (Kemenpar),” ujar Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin, Rabu (15/3).

“The World’s Most Improved Airport ini adalah pencapaian awal dari target kami yang lebih besar, yakni menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara terbaik. Kami berterima kasih pada seluruh masyarakat yang rela menyisihkan waktu khusus untuk mengisi survei yang sangat detail, hingga 50 pertanyaan itu. Kalau bukan karena cinta Merah Putih, bangga dengan Soekarno Hatta Airport, bandara andalan Indonesia, sepertinya sulit terjadi,” imbuh Awaluddin.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya juga memberikan apresiasi terhadap prestasi yang telah berhasil diraih oleh Bandara Internasional Soekarno-Hatta tahun ini. Menurut Arief, kenyamanan bandara juga menjadi salah satu faktor penentu kedatangan wisatawan ke suatu negara. “Kalau bandara kita hebat, berkualitas dunia, fasilitasnya lengkap, itu akan menjadi destinasi sendiri. Orang tidak takut transit dan berlama-lama di Jakarta,” kata Menpar Arief Yahya.

Sebagai informasi, The World’s Most Improved Airport 2017 merupakan salah satu kategori dalam World Airport Awards yang menjadi salah satu ajang paling bergengsi di dunia kebandarudaraan global. Survei Skytrax sendiri mencakup pengalaman para traveller terhadap dan produk bandara mulai dari check in, kedatangan, transit, belanja, keamanan, dan imigrasi, hingga gate keberangkatan.