Sejumlah Maskapai Batalkan Penerbangan dari Bandara Soetta ke Belitung

Belitung – Sejumlah dari Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menuju HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan (TJQ) dan sebaliknya pada Rabu (16/1) lalu telah dibatalkan oleh manajemen . Alhasil yang melayani penerbangan rute Belitung dan sebaliknya saat ini menjadi semakin sedikit.

Maskapai Garuda Indonesia menurunkan penumpang

Maskapai menurunkan penumpang – tribunnews.com

Beberapa maskapai yang saat ini sudah tidak melayani rute ke Belitung adalah dan yang tergabung dalam Lion Air Group. Misalnya saja untuk telah berhenti beroperasi sejak 8 Januari 2019 lalu. Rute yang dibatalkan oleh adalah Tanjungpandang – dengan jadwal penerbangan jam 08.35 WIB. Sementara itu, untuk rute penerbangan Wings Air Pangkalpinang – Tanjungpandan dan sebaliknya telah di-cancel dari 12 Januari 2019 dengan jadwal penerbangan siang hari.

“Ya alasannya karena komersial, tapi lebih kepada niaga. Tapi itu sifatnya hanya pembatalan sementara saja. Kami belum mengetahui kapan diaktifkan kembali (rute Jakarta-Tanjungpandan untuk Batik Air dan Wings Air rute Pangkalpinang – Tanjungpandan), masih menunggu keputusan pusat,” ujar Airport Manager Lion Air Group Tanjungpandan, A Khomaini, Rabu (16/1), seperti dilansir Pos Belitung.

Berdasarkan dari pihak Lion Air Group, rute penerbangan yang dibatalkan oleh Batik Air dan Wings Air ini akan berlangsung sampai tanggal 30 April 2019 mendatang. Dengan demikian, maskapai Wings Air hanya melayani rute penerbangan Pangkalpinang – Tanjungpandan pada pagi hari.

Tak hanya Wings Air dan Batik Air saja, maskapai nasional Garuda Indonesia pun ikut melakukan cancel flight ke Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan. Rute penerbangan yang dibatalkan Garuda Indonesia adalah Palembang – Pangkalpinang – Tanjungpandan, dan sebaliknya. Pembatalan penerbangan ini telah berlangsung sejak Rabu (16/1) lalu untuk jadwal pagi hari.

Demikian juga dengan pesawat Garuda rute Pangkalpinang-Tanjungpandan PP telah dilakukan pembatalan penerbangan sejak tanggal 9, 15, 21, 22, 28, dan 29 Januari 2019 untuk nomor penerbangan GA 282 dan GA 283. Sedangkan GA 284 dan GA 285 dicancel 26 Januari 2019.

“Yang PGK – TJQ hari ini dibatalkan, besok (tanggal 16 Januari 2019) juga masih dibatalkan, nanti tanggal 18 (Januari 2019) baru offride. Kalau yang ke Jakarta yang dibatalkan penerbangan paling hanya satu flight saja. Nanti akan kembali terbang, dan hanya bersifat sementara. Waktunya kapan kami belum bisa pastikan, menyesuaikan kondisi pasar,” tandas Branch Manager Garuda Indonesia Tanjungpandan Hasan Basri.