Saudi Arabian Kembali Buka Rute Jakarta-Jeddah PP, Penerbangan Umrah?

Di tengah kabar bahwa Saudi membuka kembali akses umrah mulai tanggal 4 Oktober 2020 mendatang, Saudi Arabian Airlines juga mengoperasikan lagi Jakarta- PP setelah sempat ditangguhkan akibat pandemi COVID-19. Dibuka mulai tanggal 30 September 2020 dan akan beroperasi tiga kali sepekan, sayangnya ini bukan untuk penerbangan umrah.

Saudi Arabian Airlines – tribunnews.com

Seperti dilansir dari Kompas, pembukaan penerbangan tersebut dikhususkan kepada para yang merupakan warga negara Arab Saudi dan warga negara asing dengan visa yang masih berlaku (keluar/masuk, tinggal atau iqamah, dan kunjungan. Sementara, penerbangan dengan tujuan umrah serta liburan dari Indonesia mungkin baru akan dilaksanakan pada awal 2021 mendatang.

Penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah dilayani pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor SV 817, pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu, yang bertolak pada pukul 11.00 WIB dan tiba pada pukul 16.15 waktu setempat. Sementara, untuk rute sebaliknya, dilayani dengan nomor penerbangan SV 816 pada hari Minggu, Selasa, dan Jumat, terbang pukul 17.00 waktu setempat dan tiba di Jakarta pada pukul 09.00 WIB.

Karena masih dalam suasana pandemi COVID-19, protokol kesehatan akan dilakukan, baik pada saat penumpang berada di bandara dan saat memasuki pesawat. Salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi calon penumpang adalah membawa surat hasil tes PCR yang dilakukan di rumah sakit manapun dengan hasil negatif atau non-reaktif. Hasil tes tersebut berlaku setidaknya 48 jam sebelum ketibaan penumpang untuk masuk wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Sebelumnya, Arab Saudi diberitakan akan kembali membuka akses ibadah umrah mulai tanggal 4 Oktober 2020 mendatang. Hal tersebut diinformasikan oleh Kementerian Haji dan Umrah usai menangguhkan perjalanan umrah selama 7 bulan akibat pandemi . Meskipun akan segera dibuka, Kementerian Agama Republik Indonesia masih menunggu pengumuman lebih lanjut terkait daftar negara yang diizinkan untuk memberangkatkan jamaah umrah.