Sambut Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Damri Siapkan 30 Bus Baru

Menyongsong yang bakal dioperasikan tak lama lagi, Perum pun berbenah dengan menyiapkan sebanyak 30 unit baru sebagai untuk mengakses terminal tersebut. Rencananya, 30 unit bus baru Damri tersebut bermerk Mercedes tipe Euro III yang juga diproyeksikan menggantikan bus yang usianya sudah lebih dari lima tahun.

bus damri - pontianak.tribunnews.com

bus damri – pontianak.tribunnews.com

“Ini wujud komitmen Perum Damri dalam menyediakan sarana yang berstandar internasional,” ujar Sekretaris Perum Damri, Arifin. “Nantinya, bus-bus tersebut akan menggantikan bus lama yang usianya sudah lebih dari lima tahun.”

Sebelumnya, Perum Damri juga sudah merilis lima unit bus baru berbahan bakar gas sebagai bentuk dukungan terhadap program langit biru dan transportasi yang ramah lingkungan. Secara total, saat ini bus Damri yang telah beroperasi sebanyak 272 unit, dan lima puluh persen di antaranya berumur kurang dari dua tahun.

“Bus yang beroperasi tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas CCTV, WiFi, re-cleaning seat, apar dan pemecah kaca, panduan doa dalam perjalanan, dan buku tanggap darurat,” sambung Arifin. “Dan, untuk meningkatkan pelayanan, awak bus juga memberikan sambutan dan memasang label pada barang bawaan yang disimpan dalam bagasi di setiap keberangkatan dari terminal maupun bandara.”

Perum Damri sendiri saat ini melayani 22 rute dari Bandara Soekarno-Hatta, antara lain ke Gambir, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Serang, Blok M, Bogor, Karawang, Kemayoran, Pasar Minggu, hingga Bekasi Barat. “Kami saat ini juga sedang dalam uji coba Fleet Management System, Passenger Information System, Thermal base Passenger Counter, dan e-ticketing,” tutup Arifin.