Sambut MRT, Bus Transjakarta Buka Rute Baru Terkoneksi Bandara Soetta

JAKARTA – Angkutan Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta resmi diuji coba mulai tanggal 12 Maret 2019 kemarin, dan akan segera dioperasikan secara komersial dalam waktu dekat. Untuk menyambut pengoperasian MRT Jakarta ini, PT Jakarta membuka tiga Transjakarta dari Kawasan Integrasi Dukuh Atas (KIDA), yang salah satunya terhubung dengan Internasional .

Bus Transjakarta

Transjakarta – kompas.com

“Ketiga rute tersebut menghubungkan titik pertemuan moda transportasi ke tiga kawasan utama Jakarta. KIDA ditargetkan menjadi titik pertemuan MRT, KA Bandara Soekarno-Hatta, Transjakarta, KRL Commuter Line, dan LRT Jabodebek,” jelas Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono, dilansir Viva. “Warga Jakarta, atau pendatang naik MRT atau kereta bandara yang baru datang dari Bandara Soekarno-Hatta, begitu dia sampai pusat Jakarta, dia bisa naik bus Transjakarta itu untuk melanjutkan perjalanan.”

Ketiga rute yang dioperasikan tersebut adalah Dukuh Atas-Kota, Dukuh Atas-Blok M, serta Dukuh Atas-Kuningan. Agung menambahkan, berbeda dengan rute-rute Transjakarta lainnya, tempat pemberhentian ketiga rute tersebut kebanyakan adalah hotel, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. “Ini bentuk komitmen Transjakarta untuk mendukung integrasi antarmoda transportasi dengan menyediakan rute baru,” sambung Agung.

Sebelumnya, pada tahun 2018 kemarin, Pemerintah Kota Tangerang sudah berancang-ancang untuk memperpanjang rute MRT Jakarta hingga ke Tangerang, yakni ke Bandara Soekarno-Hatta. Peletakan batu pertama untuk proyek ini diharapkan dapat terealisasi sebelum tahun 2021 mendatang. Hingga kini, proyek tersebut masih dalam tahap pra-studi kelayakan atau pre-feasibility studies (FS) sambil menunggu ketetapan Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) oleh Kementerian Perhubungan.

“Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan) juga sudah saya komunikasikan bahwa mudah-mudahan bisa segera dilakukan, sehingga time table dengan target kami sampai 2021 bisa mulai peletakan batu pertama,” ujar Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, beberapa waktu lalu. “Jalur yang direncanakan akan dimulai dari Stasiun Lebak Bulus, Ciputat, Pamulang, Rawabuntu, Serpong, dan berakhir di Bandara Soekarno-Hatta.”