Rute Jakarta-Singapura, Penerbangan Internasional Tersibuk Ketiga di Dunia

antar-negara Asia tampaknya menjadi ‘penguasa’ paling sibuk sedunia dalam setahun terakhir, salah satunya Jakarta-. Berdasarkan laporan terbaru dari OAG Aviation Worldwide Ltd., sebuah provider data digital penerbangan akurat di , penerbangan yang dilayani di tersebut menjadi rute tersibuk ketiga di dunia.

Rute Jakarta-Singapura melalui Bandara Soekarno-Hatta menempati rute internasional tersibuk ketiga di dunia menurut laporan terbaru dari OAG Aviation selama periode Februari 2017 hingga Februari 2018 - www.cnbcindonesia.com

Rute Jakarta-Singapura melalui Bandara Soekarno-Hatta menempati rute internasional tersibuk ketiga di dunia menurut laporan terbaru dari OAG Aviation selama periode Februari 2017 hingga Februari 2018 – www.cnbcindonesia.com

Menurut data yang dirilis OAG Aviation, rute Jakarta-Singapura sepanjang bulan Februari 2017 sampai Februari 2018 tercatat memiliki 27.304 frekuensi penerbangan. Rute ini mengikuti rute Singapura-Kuala Lumpur dan rute Hong Kong-Taipei di daftar tiga besar rute tersibuk di dunia, masing-masing 30.537 frekuensi penerbangan dan 28.887 frekuensi penerbangan sepanjang Februari 2017 hingga Februari 2018.

“Rute tersibuk mencatat total 30.537 frekuensi penerbangan dengan lebih dari empat juta yang dilayani oleh tujuh penerbangan,” tulis OAG Aviation dalam rilis resminya. “ untuk rute paling sibuk (Singapura-Kuala Lumpur) ini adalah AirAsia, Malaysia Airlines, SilkAir, Jetstar, Singapore Airlines, Malindo, dan Scoot.”

Berbagai aktivitas dan tujuan tentu mendasari banyaknya jumlah penumpang di jalur penerbangan Singapura ke Jakarta, maupun sebaliknya. Bisnis dan wisata, meski belum ada data yang akurat, nampaknya menjadi dua di antara banyak motif banyaknya penumpang yang pergi dari Singapura ke Indonesia dan sebaliknya.

Di bawah tiga besar tersebut, terdapat rute Hong Kong-Shanghai Pudong di posisi keempat dengan 21.888 frekuensi penerbangan, Jakarta-Kuala Lumpur di posisi kelima dengan 19.849 frekuensi penerbangan, Seoul Incheon-Osaka di posisi keenam dengan 17.488 frekuensi penerbangan, dan Hong Kong-Seoul Incheon di posisi ketujuh dengan 17.075 frekuensi penerbangan. Melengkapi sepuluh besar adalah rute New York-Toronto, Dubai-Kuwait, dan Hong Kong-Singapura.

OAG Aviation sendiri merupakan penyedia penerbangan digital yang menyediakan yang akurat dan aplikasi di semua sektor perjalanan untuk penerbangan internasional, bandara, pabrik, pesawat, hingga perusahaan yang berhubungan dengan perjalanan. Daftar rute internasional tersibuk dirilis tiap tahun, dengan menganalisis frekuensi pesawat melalui penerbangan internasional.