Runway ketiga Bandara Soetta dibangun Awal 2017

Jakarta – Pergerakan di Soekarno Hatta, Tangerang sudah sangat padat. Untuk itu, telah memprioritaskan landasan pacu atau runway ketiga untuk mengurangi kepadatan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta. Rencananya, landasan pacu tersebut akan mulai dibangun pada awal 2017 dan selesai dibangun dalam kurun waktu setahun.

budi karya sumadi - bisnis.liputan6.com

budi karya sumadi – bisnis.liputan6.com

“Awal 2017 dimulai, awal 2018 sudah selesai,” kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama AP II, saat meninjau simulasi operasional Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta, beberapa waktu lalu.

Menurut Budi, AP II saat ini tengah menyelesaikan tahapan pembebasan untuk pembangunan runway tersebut, dan ditargetkan dapat terselesaikan dalam waktu dekat.

“Kami (AP II) sekarang sedang (menyelesaikan tahap) pembebasan tanah,” lanjut Budi.

Budi mengungkapkan, Bandara Soekarno Hatta harusnya memiliki pergerakan pesawat sebesar 100 pesawat per jam. Namun untuk saat ini, pergerakannya baru mencapai 72 pesawat per jam sehingga antrian pesawat tak dapat terhindarkan.

“Untuk itu, kami harus perbaiki dua landasan yang ada dan perbaikan landasan agar pesawat berbadan besar bisa landing di sini. Dan kami harus membangun runway ke-3,” tegas Budi.