Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Mulai Dibangun Juni 2018

Tangerang Budi Karya Sumadi menuturkan jika atau 3 Internasional akan dimulai pada pertengahan tahun 2018 ini. Pembangunan baru di Bandara Soetta ini dijadwalkan mulai dilaksanakan bulan Juni 2018 usai proses pembebasan lahan rampung.

Bandara Soekarno Hatta - www.merdeka.com

– www.merdeka.com

“Akan selesai pembebasan tanah kira-kira bulan April. Sekarang taxi way-nya sudah dibangun. Tinggal runwaynya bulan Juni mudah-mudahan. Panjangnya 3.000 meter,” tutur Budi Karya di Tangerang, Sabtu (3/2), seperti dilansir Okezone.

Budi menambahkan, pembangunan runway ketiga ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pergerakan atau movement di Bandara Soetta. Selain itu juga diharapkan bisa mengurai kepadatan tingkat pergerakan .

“Kita ingin memperbaiki movement di sini dengan melakukan berbagai hal. Kita nanti akan membangun runway ketiga, nanti kita akan mendapatkan keuntungan, mendapatkan movement yang jauh lebih tinggi di atas 100. Runway 3 itu sendiri tidak independen. Ada satu kondisi, jaraknya tidak lebih dari 250 meter. Tapi pada saat itu Soetta akan lebih baik, lebih safety terutama dari segi maintenance,” papar Budi.

Menurut Budi, pembangunan runway 3 pun turut menunjang dari sisi keselamatan Bandara Soetta yang lebih baik. Pasalnya keselamatan diperkirakan lebih terjamin dan perawatan landasan pacu pesawat pun menjadi lebih mudah. “Pada saat itu, Soekarno Hatta akan jadi lebih baik, lebih safety, dan terutama dari segi maintenance,” kata Budi.

Sementara ini pesawat yang hendak memasuki Bandara Soetta harus dibatasi lantaran kapasitas runway yang masih terbatas. Terutama ketika runway masih dalam proses maintenance atau perbaikan, maka pesawat pun biasanya harus bersedia mengantre lantaran hanya ada 1 runway yang dapat digunakan.

“Kalau sekarang ini kalau kita lagi maintenance, kita ambil dengan tetap dipergunakan. Kalau nanti begitu ada satu maintenance, kita pakai 2, yang satu di-maintenance. Ini karena Ibu Kota, kita harus pastikan proses maintenance itu berjalan baik,” ungkapnya.

Direktur Utama (AP) II Muhammad Awaluddin menambahkan, pembangunan runway 3 Bandara Soetta ditargetkan rampung dalam kurun waktu 18 bulan ke depan. Untuk saat ini pihaknya masih fokus merampungkan pembebasan lahan. “Kita harapkan bisa selesai dalam 18 bulan ke depan sejak Februari,” pungkasnya.