Libur Nataru, Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Siap Beroperasi

TANGERANG – Sudah dikerjakan sejak tahun 2018 lalu, 3 di Internasional menurut rencana akan diresmikan pada tanggal 20 Desember 2019. Landasan pacu terbaru tersebut diharapkan sudah bisa mengurai kepadatan lalu lintas terbang pada musim 2019 dan 2020.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin – www.rmolbanten.com

“Untuk runway 3, sudah bisa digunakan, rencananya sudah siap untuk Natal dan Tahun Baru ini,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, seperti dilansir Liputan6. “Rencananya (pengoperasian) untuk tanggal 20 Desember 2019, tetapi kami tetap menunggu arahan dari Menteri Perhubungan.”

Awaluddin menambahkan, secara fisik, landasan pacu tiga sudah dalam tahap pembenahan. Runway yang awalnya dibangun sepanjang 2.500 meter persegi tersebut akhirnya diperluas menjadi 3.000 meter persegi. “Itu semua sudah beres dan tanggal 15 Desember 2019 sudah tidak boleh ada pengerjaan apa pun lagi. Jadi, diprediksi tanggal 19 atau 20 Desember 2019 sudah bisa digunakan,” sambung Awaluddin.

Sementara itu, menanggapi rencana pengoperasian runway 3, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyambut positif. Menurut dia, dengan pengoperasian runway 3, kemudian east cross dan taxiway, pergerakan pesawat terbang akan lebih dinamis dan lebih cepat. Namun, untuk meresmikan baru tersebut, pihaknya masih menunggu jadwal Presiden Joko Widodo.

Pada momen pergantian tahun kali ini, PT Angkasa Pura II memprediksi akan ada 3,4 juta pesawat yang melintasi Bandara Soekarno-Hatta atau naik 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, untuk pergerakan pesawat terbang, diperkirakan akan mencapai angka 23.397 selama periode 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

“Salah satu indikasi peningkatan penumpang dan pergerakan pesawat ini terlihat dari jumlah pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight di Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini sudah mencapai 1.031 penerbangan,” jelas Awaluddin. “Dengan pengoperasian runway 3, kami yakin penerbangan akan tetap berjalan lancar meskipun jumlah penumpang meningkat.”