AP II Hadirkan Robot Pembersih Lantai di T3 Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG – Upaya untuk menjadikan Internasional Soekarno-Hatta menjadi terus berlanjut. Paling baru, perusahaan menempatkan dua unit mesin pembersih lantai berbasis robot (robotic scrubber drier) untuk membersihkan lantai di area Soekarno-Hatta.

Robot pembersih lantai di Bandara Soekarno-Hatta

Robot pembersih lantai di Bandara Soekarno-Hatta – www.liputan6.com

“Kami tengah melakukan evolusi pelayanan dengan mengedepankan peralatan otonom untuk sejumlah pekerjaan untuk mengurangi peran manusia. Di sisi lain, peran sumber daya manusia akan dialihkan ke pekerjaan lain,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dilansir Bisnis. “PT Angkasa Pura II saat ini juga tengah mempertimbangkan penggunaan lebih banyak peralatan otonom di bandara-bandara perseroan. Misalnya, peralatan otonom untuk mengatur, mengambil, dan merapikan trolley di terminal pesawat.”

Awaluddin menambahkan, robotic scrubber drier yang ada Terminal 3 adalah kombinasi dari solusi pintar dan paling mutakhir di pasar. Tidak hanya mampu membersihkan lantai secara sempurna, robot ini juga diklaim dapat bekerja sangat cepat. Kehadiran robot pembersih lantai tersebut melengkapi robot Dilo yang sudah diluncurkan sebelumnya untuk membantu calon penumpang mengetahui informasi penerbangan dan info lainnya.

“Peralatan otonom ini dilengkapi sistem telemetri guna memastikan software melakukan komunikasi dengan berbagai sonar, laser, dan sensor untuk memastikan robot tersebut bermanuver dengan aman serta menghindari halangan ketika tengah bertugas membersihkan lantai,” sambung Awaluddin. “Sumber energi peralatan otonom ini berasal dari baterai berkapasitas maksimal 180 Ah dengan durasi (battery run time) selama 4 jam. Peralatan ini membawa tangki yang dapat menampung 90 liter air dan memiliki dua unit sikat.”

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II beberapa lalu juga telah melakukan kemitraan dengan PT Astra Digital Internasional, anak perusahaan dari PT Astra International, untuk menghadirkan serba digital di APSpace, yakni co-working space milik perusahaan. PT Astra Digital nantinya akan menghadirkan 3 berbasis aplikasi, antara lain Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil, Movic untuk penyewaan mobil, dan aplikasi Sejalan untuk memesan tiket bus.