Restaurant (Restoran) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

merupakan terminal paling baru yang dibangun di area , Cengkareng, Tangerang. Terminal anyar ini menyabet penghargaan sebagai Best Airport of The Year di Indonesia pada tahun 2017 versi Majalah . Penghargaan tersebut pantas diraih karena terminal ini memang telah didukung dengan canggih dan modern, termasuk Fully Intelligence Building Management System (IBMS), mesin penanganan bagasi otomatis, hingga beragam pilihan restoran.

Restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta - www.dream.co.id

Restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta – www.dream.co.id

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sendiri resmi dioperasikan pada tanggal 9 Agustus 2016 kemarin. Terminal yang berlokasi di sisi timur-utara bandara tersebut memiliki desain yang berbeda dari dua terminal lainnya. Jika Terminal 1 dan Terminal 2 dibangun dengan penggabungan arsitektur lokal dalam rancangannya, maka Terminal 3 dibangun dengan desain modern kontemporer yang ramah lingkungan, namun tetap dengan citarasa tradisional khas Indonesia.

Pada awalnya, Terminal 3 akan diberi nama resmi “Terminal 3 Ultimate”, karena sebelumnya terminal ini adalah proyek pengembangan dari Terminal 3 lama yang digunakan khusus oleh maskapai AirAsia. Namun, karena penggunaan kata “ultimate” ternyata dikritik banyak orang karena berasal dari bahasa Inggris, yang berarti paling akhir atau mutakhir, maka PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta memutuskan untuk menghapus kata tersebut.

Tempat ini memiliki total luas 422.804 meter persegi, dengan luas bangunan sekitar 331.101 meter persegi. Terminal 3 juga memiliki gedung parkir seluas 85.878 meter persegi dan bangunan penumpang VIP dengan total luas 6.124 meter persegi. Luas Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta diklaim lebih lapang dari Terminal 3 Bandara Changi, namun masih kalah dibandingkan Terminal 4 bandara di Singapura tersebut yang memiliki luas setara 27 lapangan sepakbola.

Fasilitas di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Sebagai sebuah terminal modern, Terminal 3 telah didukung dengan beragam teknologi canggih, mirip dengan bandara di luar negeri. Di tempat ini, para pengguna jasa dapat menemukan mesin penanganan bagasi otomatis atau Baggage Handling System (BHS), mesin check-in, mesin pendeteksi bahan peledak yakni BHS level 5, CCTV yang berada di 500 hingga 600 titik, akses Wi-Fi dengan kecepatan 50 Mbps, Fully Intelligence Building System (IBMS) atau teknologi otomatis untuk gedung ramah lingkungan, teknologi pencahayaan sesuai kondisi cuaca, dan rain water system yang menyaring air hujan menjadi air bersih.

Di samping itu, ketika berkunjung ke terminal ini, para pengguna jasa maupun calon penumpang akan menemukan banyak karya seni, mulai lukisan hingga seni instalasi. Rata-rata, lukisan dan seni instalasi tersebut merupakan hasil karya para seniman lokal Indonesia. Salah satu yang paling sensasional adalah lukisan mirip tokok PKI, DN Aidit.

Restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Nah, jika wisatawan merasa lapar ketika berada di Terminal 3, tidak perlu bingung untuk mencari tempat makan yang sesuai selera. Pasalnya, di terminal ini, sudah disediakan banyak alternatif restoran untuk mengisi perut para calon penumpang sebelum berangkat ke destinasi tujuan. Restoran di Terminal 3 sendiri berada sangat dekat dengan boarding gate atau gerbang keberangkatan, sehingga para calon penumpang tidak perlu cemas tertinggal jadwal penerbangan.

Restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta - soekarnohatta-airport.co.id

Restoran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta – soekarnohatta-airport.co.id

Jika calon penumpang dan pengguna jasa ingin menikmati masakan khas Padang, bisa langsung menuju Restoran Anugerah. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Selain itu, ada juga Kulinari Food Market yang menyajikan kedai nasi padang, sup buntut, dan Baso Afung. Ada juga Bakso Bakwan Malang Cak Apit, Hong Tang yang menyajikan oriental dessert, Waroeng Kita, Ramen Sanpachi khas Jepang, iga penyet dari Warung Tekko, steak dari Holycow, Roti Papabunz, J.CO Donuts, Starbucks Coffee, jajanan tradisional di Bekal Dari Ibu, hingga coffee shop seperti Liberica dan Warung Koffie. Berikut beberapa restoran lainnya yang berlokasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

  • Bakerzin, terletak di Lantai Ground dan menyajikan masakan ala Barat dan Italia dengan harga sekitar Rp250 ribuan untuk dua orang.
  • Pepper Lunch, menyajikan masakan ala Jepang dengan harga mulai Rp200 ribuan untuk dua orang dan beroperasi setiap hari selama 24 jam.
  • Cold Stone Creamy, menyajikan aneka es krim dan dessert dengan harga rata-rata Rp110 ribuan dan beroperasi mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.
  • Ya Kun Kaya Toast, menyajikan hidangan khas Malaysia dengan harga rata-rata Rp200 ribuan.
  • Shaburi Express, menyediakan sajian ala Jepang dengan harga rata-rata Rp300 ribuan dan beroperasi setiap hari mulai pukul 17.00 WIB sampai 22.00 WIB.
  • 1/15 Coffee, menyediakan aneka jenis kopi dan teh, serta beroperasi setiap Senin hingga Minggu.
  • Re.juve, menyediakan aneka minuman jus dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.
  • Tous Les Jours, menyajikan aneka roti dan kue dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.
  • Ardent Coffee, menjual aneka minuman teh, kopi, dan juga dessert, serta beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB.
  • Nanny’s Pavilion, menyajikan aneka makanan ala Barat dan Eropa.
  • PizzaExpress, menjual hidangan pizza ala Italia dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.
  • Djournal Coffee, menjual aneka minuman kopi dan beroperasi setiap hari selama 24 jam.
  • Tjap Toean, menyajikan aneka hidangan ala Indonesia dan Asia dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.
  • Hong Tang, menyediakan aneka dessert khas Taiwan dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Di samping itu, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta juga telah dilengkapi dengan minimarket, toko elektronik, dan toko buku yang juga berlokasi dekat dengan gate keberangkatan. Di tempat ini, juga terdapat cabang bank seperti BNI, BRI, dan Bank Mandiri, dan GraPari SimPATI,