Resmi Beroperasi, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Berlakukan Tarif Normal

JAKARTA – Setelah melakukan uji coba sejak tanggal 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018, akan beroperasi secara resmi pada hari ini (2/1). Jika sebelumnya kereta dipatok Rp30 ribu ketika masa promo, maka mulai hari ini, kereta bandara tersebut berlaku tarif normal sebesar Rp70 ribu.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi - profilbos.com

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi – profilbos.com

“Iya betul, tarif promo sebesar Rp30 ribu selesai hari ini,” ujar Humas PT Railink, Diah Suryandari, Senin kemarin. “Setelah tarif promo berakhir, maka akan berlaku tarif normal. Rencananya, tarif yang diterapkan untuk kereta bandara adalah sebesar Rp70 ribu.”

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menuturkan bahwa pemerintah tidak memberikan subsidi tarif pada kereta Bandara Soekarno-Hatta. Penentuan harga tiket diatur sepenuhnya oleh PT Railink, tetapi berdasarkan diskusi dengan Kementerian Perhubungan dan juga Kementerian BUMN.

“Nantinya, PT Railink bisa memperoleh pendapatan lain dari sponsor, iklan, dan sebagainya, sehingga ke konsumen diberikan tarif Rp70 ribu,” kata Budi belum lama ini. “Tarif Rp70 ribu tersebut kemungkinan akan berlaku hingga satu tahun ke depan.”

Kereta Bandara Soekarno-Hatta sendiri menurut rencana akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini pukul 09.00 WIB. Untuk tahap awal, kereta bandara tersebut terdiri dari enam rangkaian gerbong dan dapat mengangkut hingga 272 penumpang, yang bakal diberangkatkan dari Stasiun Sudirman Baru.

Keberangkatan pertama kereta bandara dari Stasiun Sudirman Baru akan dimulai pukul 03.40 WIB dan berakhir pukul 21.40 WIB. Sebaliknya, keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta menuju Stasiun Sudirman Baru akan dimulai pukul 06.10 WIB dan berakhir pada pukul 23.10 WIB. Nantinya, kereta tersebut akan melakukan pemberangkatan setiap 30 menit, dengan daya tampung maksimal 1.200 penumpang setiap hari.

Sebagai titik keberangkatan kereta bandara, Stasiun Sudirman Baru memiliki tampilan yang terkesan mewah. Di lantai dua disediakan ruang selesa atau lounge tempat para calon penumpang menanti waktu keberangkatan. Tersedia pula gerai-gerai makanan dan minimarket. Fasilitas lainnya yaitu toilet, musala, klinik, dan mesin check-in penerbangan mandiri.