Resmi Beroperasi, Ini Jadwal Operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Tangerang telah beroperasi sejak Selasa (26/12) kemarin pukul 03.47 WIB dan diberangkatkan dari Stasiun Sudirman Baru (BNI) City untuk melayani masyarakat umum.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II - news.detik.com

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II – news.detik.com

Usai melalui berbagai uji coba dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), KA Bandara Soetta yang mempunyai total 10 rangkaian dan mampu menampung kapasitas penumpang sebanyak 272 orang ini dioperasikan mulai jam 03.51 hingga 21.51 WIB setiap hari dengan total 42 perjalanan pergi-pulang (PP) dengan durasi perjalanan setiap 55 menit. tersebut berlaku suntuk keberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru.

Sedangkan keberangkatan dari Bandara Soetta paling awal jam 06.10 WIB dan paling akhir adalah jam 23.10 WIB. Sementara itu, keberangkatan dari Stasiun Batu Ceper paling awal dimulai pada pukul 04.31 WIB dan jadwal terakhir dilayani pada pukul 22.33 WIB.

Berdasarkan ketentuan pihak Kemenhub, sebesar Rp 30.000 diberlakukan mulai 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 mendatang. Kemudian mulai tanggal 2 Januari 2018 diberlakukan normal sebesar Rp 70.000, di mana nantinya tersebut berlaku di seluruh stasiun yang melayani tujuan Stasiun Bandara Soetta dengan menggunakan sistem pembayaran non tunai (cashless).

KA Bandara Soetta akan melalui rute Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman baru (BNI City) – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Soekarno-Hatta, dan demikian sebaliknya dari arah bandara. Akan tetapi pada tahap awal KA Bandara Soetta baru melayani penumpang dari 3 stasiun, yakni Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain KA Bandara, penumpang juga bisa menikmati fasilitas Skytrain atau kereta layang untuk berpindah antar terminal di Bandara Soetta. Skytrain di Bandara Soetta mulai (26/12) beroperasi selama 20 jam sehari mulai jam 04.27 – 00.17 WIB, menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KA Bandara.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, M. Awaluddin, KA Bandara Soetta dan Skytrain adalah inovasi layanan untuk menawarkan kecepatan dan kenyamanan penumpang. “Kami berharap dengan adanya fasilitas-fasilitas baru ini dapat mengantarkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia yang masuk di jajaran Skytrax bintang 5,” tandas Awaluddin, seperti dilansir Tribunnews.