Registrasi Vaksinasi Online di Bandara Soekarno-Hatta Bisa Via Traveloka

Jakarta – Kementerian (Kemenkes) RI, Kantor Pelabuhan-Kementerian (KKP-Kemenkes) , PT Angkasa Pura II (Persero) meluncurkan vaksinasi di dan , , Tangerang, Banten mulai tanggal 12 Juli 2021 lalu.

dr. Maxi Rein Rondonuwu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI - (YouTube: PKMK FK-KMK UGM)

dr. Maxi Rein Rondonuwu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI – (YouTube: PKMK FK-KMK UGM)

“Salah satu prioritas pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 saat ini adalah dengan mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Target kami untuk dapat melakukan vaksinasi 1-2 juta dosis setiap harinya. Untuk itu, kerja sama dengan berbagai pihak sangat diperlukan, seperti yang dilakukan oleh Kemenkes, KKP, AP II, dan Traveloka untuk menghadirkan layanan Vaksinasi di Bandara ini,” ujar Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS., Selasa (13/7), seperti dilansir Antara.

Layanan vaksinasi di Bandara Soetta tersebut beroperasi setiap hari pukul 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB pada tanggal 12-25 Juli 2021 dengan menyasar masyarakat umum usia 18 tahun ke atas, termasuk lansia, tanpa syarat domisili. Layanan tersebut menargetkan 14 ribu penerima vaksin untuk dosis pertama selama 2 minggu periode pelaksanaan. Inisiatif tersebut adalah upaya bersama antara pemerintah dengan pihak swasta dalam mempercepat pembentukan herd immunity yang kini menjadi fokus pemerintah.

Menurut Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, kemudahan akses vaksinasi pada masyarakat sangat penting. Oleh sebab itu, pemilihan lokasi vaksin di kawasan Bandara Soekarno-Hatta juga dinilai tepat. “Menghadirkan fasilitas vaksinasi di bandara diharapkan dapat memudahkan orang yang akan melakukan perjalanan untuk melindungi dirinya maupun daerah tujuannya. Tak hanya bagi orang yang melakukan perjalanan saja, kami juga membuka layanan ini untuk masyarakat umum, termasuk masyarakat yang berada di wilayah sekitar bandara, guna mendorong terbentuknya herd immunity di Jabodetabek,” bebernya.

Di samping itu, pemanfaatan teknologi di Traveloka diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan registrasi secara online dengan mengedepankan penjadwalan vaksinasi yang terstruktur untuk menghindari penumpukan penumpang. “Sebagai lifestyle superapp, kami percaya bahwa memperluas kolaborasi dan juga menghadirkan inovasi dan merupakan salah satu strategi dalam upaya bersama bangkit dari pandemi,” tutur Director of Transport Traveloka, Iko Putera.

Masyarakat yang ingin mengikuti layanan vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta bisa mendaftar lewat Traveloka Xperience di aplikasi Traveloka dengan memilih tanggal dan jadwal kedatangan. Traveloka juga menyediakan voucher Rp150 ribu untuk produk Airport Transfer (selama persediaan masih ada) yang dapat diperoleh usai melakukan registrasi vaksin, sehingga memudahkan penerima vaksin untuk melakukan mobilisasi menuju lokasi vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya.