Ramp Check Bandara Soekarno-Hatta, Bagasi Jamaah Umrah Jadi Sorotan

TANGERANG – Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pamestri, meminta semua manajemen maskapai penerbangan, PT Angkasa Pura, dan sejumlah pihak terkait untuk memberikan perhatian lebih terhadap jamaah umrah. Hal itu diutarakan saat ia melakukan kampanye ‘Selamanya’ (Selamat, Aman, dan Nyaman) dan ramp chek sejumlah di Internasional .

Ilustrasi : Barang bawaan jemaah umrah

Ilustrasi : Barang bawaan jemaah umrah – tribunnews.com

“Jamaah umrah saat ini memang sangat banyak dan antusias,” ujar Polana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (10/2) kemarin, dilansir Viva. “Karena itu, memang saya minta agar seluruh pihak di bandara untuk meningkatkan intensitas pengawasan mereka, terutama pada barang bawaan jamaah umrah.”

Pada kesempatan yang sama, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, M. Suriawan Wakan, mengaku akan melakukan meningkatkan pengawasan, terutama di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi lokasi terpadat pergerakan jamaah umrah. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan setiap petugas akan pengawasan barang bawaan, terutama yang pulang dari umrah.

Pada Minggu kemarin, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melakukan kampanye ‘Selamanya’ yang dilakukan secara serentak di 10 otoritas bandara di Tanah Air. Selain Bandara Soekarno-Hatta, acara serupa juga diadakan di Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Bandara Internasional Minangkabau, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Bandara Internasional Sam Ratulangi, Bandara Rendani, dan Bandara Mopah, Merauke.

“Fokus utama kita ada di keselamatan, itu tidak bisa ditawar lagi. Makanya, dengan momen ini secara serentak kita lakukan ramp check pada beberapa pesawat,” tambah Polana. “Pengecekan keselamatan tersebut merupakan prioritas penerbangan yang menjadi agenda rutin.”

Selain melakukan ramp check, Polana juga memberikan tanda kampanye ‘Selamanya’ kepada calon penumpang yang berada di Terminal 1 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta. Tanda kampanye keselamatan ini, diberikan dengan pin keselamatan dan pemberian edukasi pentingnya keselamatan saat di udara. “Kita berikan juga edukasi ke masyarakat apa saja yang tidak boleh dibawa ke atas pesawat,” pungkas Polana.