Railink Bakal Persingkat Waktu Tempuh KA Bandara Soetta Jadi 30 Menit

Jakarta – PT Railink berencana untuk mempersingkat waktu tempuh . KA Soetta diharapkan memiliki waktu tempuh yang lebih cepat dari KA Bandara BNI City Sudirman ke Bandara Soetta hanya dalam kurun waktu 30 menit saja.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto – kumparan.com

Menurut Direktur Utama Railink, Heru Kuswanto, ketika pertama kali beroperasi, waktu yang diperlukan oleh KA Bandara untuk berangkat dari BNI City ke Bandara Soetta sekitar 57 menit. Kemudian secara bertahap diperpendek waktu tempuhnya hanya menjadi 46 menit saja. “Waktu tempuh 46 menit, kami juga belum puas. Waktu awal pengoperasian di Januari masih 57 menit. Kemudian pada 29 Maret kita perpendek jadi 46 menit,” kata Heru di Stasiun KA Bandara BNI City, Jakarta, Rabu (31/10), seperti dilansir Liputan6.

PT Railink sendiri mengusahakan agar ke depannya waktu tempuh KA Bandara Soetta dapat kembali dipersingkat hanya menjadi 30 menit. “Harapan kami masih bisa jadi sekitar 30 menit. Itu yang mau terus kita sasar. Itu nanti urusan kami dengan KAI karena kami kan juga anaknya, jadi kami ada pembagian tugas. KAI yang bangun tinggal bagaimana peningkatan kecepatan. Ini sedang kita upayakan, tetapi nanti arahnya ke sana,” papar Heru.

Urusan ketepatan waktu, Heru mengatakan jika KA Bandara Soetta sudah mencapai 99%. Pihaknya pun berupaya untuk terus mempertahankan tingkat ketepatan waktu tersebut lantaran sebagian besar masyarakat memilih naik KA Bandara karena berhubungan dengan ketepatan waktu untuk sampai di tempat tujuan.

“Karena bagi pelanggan kami, waktu itu yang sangat berharga. Namun untuk bisa sampai ke sana, yaitu kepastian. Operasi KA kami baik di sini maupun di Medan sekitar 98-99 persen ketepatan waktunya. Ini yang perlu terus kita pertahankan karena memang itu yang kita jual. Di luar unsur lagi seperti kenyamanan dan lain-lain,” beber Heru.