Puncak Arus Balik di Bandara Soetta Diperkirakan Tanggal 1 Januari 2017

Yogyakarta – Menteri Perhubungan (), Budi Karya Sumadi memperkirakan bahwa puncak arus balik dan 2017 akan berlangsung pada tanggal 1 Januari 2017 mendatang. “Arus balik diperkirakan tanggal 1 (Januari) sore karena besoknya sekolah,” ujar Budi di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (27/12).

Budi Karya Sumadi - indo-aviation.com

Budi Karya Sumadi – indo-aviation.com

Budi sendiri mengimbau masyarakat supaya menunda kepulangannya dari berlibur pada tanggal tersebut supaya tidak terkena dampak dari kepadatan jumlah . Pasalnya, berdasarkan data traffic, akan melonjak pada 1 Januari 2017 dengan jumlah kedatangan ke mencapai 340 ribu orang.

“Kami mengimbau kepada yang belum memiliki tiket tunda tanggal 2 (Januari) dari catatan penerbangan, tinggi sekali lebih dari ,” ungkap Budi.

“Saya meminta Bandara Soekarno-Hatta dipersiapkan lebih baik, tetapi untuk Cipali kan berbagai jurusan ngumpul di satu waktu itu yang diharapkan untuk mengatur sampai hari berikutnya,” imbuhnya.

“Puncak mudik arus balik ini dikarenakan banyak masyarakat yang menginginkan semua kembali pada tanggal 1 Januari, setelah melewatkan malam pergantian tahun di luar kota,” kata Budi Karya.

Terkait arus libur Natal dan Tahun Baru 2017 ini menurut Budi berlangsung dengan relatif baik. Kemacetan yang sebelumnya diperkirakan akan terjadi di 3 titik, yaitu Pelabuhan Merak, Bandara Soetta, dan Tol Cipali rupanya tidak terbukti. “Yang kita duga ada kemacetan tiga tempat (Pelabuhan) Merak, (Bandara) Soetta, dan (Tol) Cipali ketiganya berjalan baik. Kami sudah cek kembali,” tandas Budi.