PT AP II Siap Bangun Runway 3 untuk Tambah Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II berencana untuk menambah landasan pacu atau di , Tangerang, Banten. Menurut Direktur Utama PT AP II, Muhammad Awaluddin, runway 3 direncanakan untuk mulai dibangun pada akhir kuartal I 2018, atau sekitar Maret 2017. Pembangunan tersebut dijadwalkan rampung 18 bulan kemudian.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin - subali.org

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin – subali.org

“18 bulan dari akhir kuartal I ditargetkan akan selesai, tapi kita akan bangun taxiway-nya dulu, bulan depan akan kita mulai,” ujar Awaluddin di Bandara Soetta, Selasa (6/12), seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Awaluddin menuturkan bahwa pengadaan runway dengan panjang 3.000 meter dan lebar 60 meter ini membutuhkan dana investasi mencapai Rp 1,8 triliun. Posisi runway 3 yang kini masih menjalani akuisisi lahan tersebut terletak sekitar 500 meter dari runway 2.

Keberadaan runway 3 kelak diharapkan bisa meningkatkan jumlah pergerakan yang tadinya hanya 80 per jam menjadi 114 per jam. “Kebutuhan runway itu sudah mendesak apalagi kalau jam sibuk pagi atau sore antreannya bisa enam tujuh ya itu memang keterbatasan sisi udara kita yang memang harus kita tambah,” jelas Awaluddin.

Dengan dibangunnya runway 3, maka jalan Perimeter Utara juga dipastikan akan hilang. Meski demikian, PT AP II telah menyiapkan jalur alternatif. “Kami akan menyediakan alternatif, karena kan Perimeter Utara akan kena lahan Runway 3. Kita akan buka untuk akses yang baru untuk memudahkan masyarakat keluar dari Bandara melalui perimeter,” ucap Awaluddin.

Seperti diketahui, jalan Perimeter Utara selama ini hanya dapat dilalui oleh para pengguna jalan dari Tangerang ke Bandara Soetta, dan sebaliknya. Agar dapat membuka akses jalan baru, pihak PT AP II akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang berkepentingan. “Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Tangerang, karena kan harus ada pengalihan arus lalu lintas,” tandasnya.