PT AP II Bakal Tambah Parking Stand Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola berencana untuk menambah parking stand di Soetta, Tangerang, Banten. Pasalnya saat ini pergerakan pesawat di T3 Soetta dianggap sudah terlalu padat.

Denny Fikri, Direktur Utama Angkasa Pura Kargo - indopos.co.id

Denny Fikri, Direktur Utama Angkasa Pura Kargo – indopos.co.id

Direktur Utama Angkasa Pura Kargo, Denny Fikri menjelaskan jika pergerakan pesawat di Bandara Soetta, baik take off dan landing pada hari biasa saja mencapai 72 movement atau pergerakan di 2 runway. Sedangkan pada saat hari-hari sibuk jumlah pergerakan pesawat di Terminal 3 Bandara Soetta bisa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Kalau hari sibuk seperti Lebaran sampai 90-100 pergerakan, itu sudah cukup membahayakan,” ujar Denny di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (14/9), seperti dilansir Kumparan.

Karena adanya lonjakan pergerakan pesawat, waktu tunggu antrean pesawat yang hendak take off atau landing di Terminal 3 Bandara Soetta pun menjadi terlalu lama. Apalagi jika pada jam-jam sibuk seperti pukul 06.00-09.00 WIB dan 15.00-20.00 WIB. “Kalau kita landing di jam sibuk itu, kita udah landing, sampai ketiduran kadang belum juga sampai parking stand pesawat,” beber Denny.

Lebih lanjut Denny mengungkapkan jika PT AP II kini sedang merevitalisasi Terminal 1C, Terminal 2F, dan Terminal 3 Bandara Soetta. Khusus pada Terminal 3 nantinya jumlah parking stand untuk pesawat akan ditambah. “Terminal 3, kami akan tambah parking stand. Selama ini kan kalau di jam sibuk landing, kita kadang harus turun, dan naik bus ke terminal 3. Pembangunannya bertahap setelah 1C dan 2F yang tahun ini,” jelasnya.

Setelah proyek revitalisasi T1 dan T2 Soetta rampung, PT AP II dikabarkan juga bakal membangun Terminal 4 yang rencananya berlokasi di atas lahan Soewarna Golf. Berdasarkan data basic design PT AP II, Terminal 4 nantinya mampu menampung 75 pesawat dengan parking area mencapai 40 ribu meter persegi. “Iya (75 pesawat), tapi itu masih tahap perencanaan awal,” tutur Vice President Corporate Communication Angkasa Pura II, Yado Yarismano

“Sekarang ini basic design yang disusun, kemudian tahun depan DED (Detail Engineering Design). Proyek kemudian baru ditender. Kami kejar dulu revitalisasi Terminal 1 dan 2 Soetta, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan terminal 4,” tandas Yado.