PT AP II Anggarkan Rp 310 M Untuk Penebalan Runway Bandara Soetta

Tangerang – PT Angkasa Pura (AP) II saat ini sedang melakukan penebalan atau overlay landasan pacu () sebelah utara . Upaya ini dilaksanakan demi mendukung operasional berbadan besar seperti Garuda Indonesia yang digunakan untuk melayani Jakarta-London pada (31/10) lalu.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II - news.detik.com

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II – news.detik.com

“Penebalan runway dengan nilai investasi sebesar Rp 310 miliar ini ditargetkan tuntas pada awal semester II/2018, di mana hal ini menjadi bagian dari pengembangan east cross taxiway dan pendukung rencana pergerakan pesawat sebanyak 86 pergerakan per jam atau program improve runway capacity atau IRC-86,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Selasa (31/10) malam, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Awaluddin menuturkan bahwa proses overlay runway Bandara Soetta dilakukan secara bertahap sampai nilai pavement classification number (PCN) di sana menjadi 131. Menurutnya dengan mencapai nilai PCN sebesar 131, maka runway Bandara Soetta dipastikan dapat melayani penerbangan dari pesawat berbadan besar (wide body) seperti Boeing 777.

Sementara itu, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta yang juga berada di bawah pengelolaan AP II akhirnya kembali beroperasi pada Selasa (31/10) pagi setelah sempat ditutup lantaran lampu di runway redup. Sejumlah penerbangan pun dilaporkan mengalami delay akibat kejadian tersebut.

“Petugas teknis sudah melakukan perbaikan. Sejak Selasa pukul 01.00 WIB landasan pacu telah dibuka lagi. Selasa pagi semua sudah kembali normal. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami juga menyiapkan kompensasi bagi penumpang yang tertunda penerbangannya,” ungkap Vice President Corporate Com­munication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano.

Berdasarkan data dari PT AP II, pada kuartal III 2017 jumlah pergerakan penumpang di 13 bandara yang berada di bawah pengelolaan PT AP II mencapai 77,82 juta atau mengalami kenaikan 10% dari periode yang sama tahun 2016 lalu. Di Bandara Soetta, pergerakan penumpang selama Januari-September 2017 mencapai 46,74 juta atau naik 8% dari periode yang sama tahun lalu, yaitu 43,24 juta. Sedangkan jumlah pergerakan pesawat di 13 bandara AP II juga naik 15% menjadi 614.218 movement selama kuartal III 2017.