Proyek Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Ditargetkan Kelar Januari 2019

TANGERANG – pengerjaan runway 3 section 2 di Internasional diharapkan bisa selesai pada bulan Januari 2019 mendatang. ini ditujukan untuk mendorong peningkatan yang semakin mendesak karena jumlah dan di bandara yang semakin padat.

Komisaris Utama PTPP Andi Gani Newa Wea kunjungi proyek runway bandara dan urban house di Serpong - www.merdeka.com

Komisaris Utama PTPP Andi Gani Newa Wea kunjungi proyek runway bandara dan urban house di Serpong – www.merdeka.com

“Aktivitas Bandara Soekarno-Hatta semakin padat untuk melayani penumpang dan barang (kargo) dengan jumlah pergerakan pesawat mencapai 391.000 per tahun,” jelas Komisaris Utama PTPP, Andi Gani Nena Wea, selaku emiten konstruksi. “Melihat runway yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas, maka diperlukan penambahan dan penunjang atau taxiway untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi udara.”

Andi menambahkan, proyek tersebut harus diselesaikan dengan baik sesuai target yang telah ditetapkan, baik waktu maupun kualitas, sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaat langsung atas pembangunan proyek ini. Ia pun mengingatkan agar quality control atas pelaksana proyek ini terus dilakukan.’

“Proyek tersebut telah dikunjungi langsung oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Juni lalu dan ditargetkan rampung pada bulan Januari 2019 mendatang,” sambung Andi. “Proyek ini mampu diselesaikan dalam kurun waktu 425 hari kerja, dan metode yang digunakan antara lain pekerjaan clearing, timbunan subgrade, sand blanket, predrilling, dan control fill.”

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II sempat mengatakan bahwa pembangunan runway 3 akan rampung sepenuhnya pada bulan September 2019 mendatang. Pasalnya, pembebasan lahan terhadap tanah warga sudah selesai semua, hanya tinggal urusan dengan pemerintah, fasilitas sosial, fasilitas umum, yang saat ini sedang digarap.

“Ada dua proyek besar dalam pembangunan runway ini, yaitu paralel taxiway sejajar dengan runway dan runway itu sendiri,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Banyaknya lalu lalang penumpang di bandara setiap harinya, membuat kami terus mengembangkan berbagai fasilitas, yang tidak lupa pada aspek keselamatan.”