Proses Pembebasan Lahan Kereta Bandara Soetta Akhirnya Rampung


– PT akhirnya telah selesai mengurus pembebasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bidang-bidang tanah yang telah dibebaskan kini sudah mencapai 100%.

“Ini hari terakhir dan sudah beres. Terima kasih kepada masyarakat yang telah merelakan bidang lahannya untuk proyek jalur kereta bandara ini,” kata Kakanwil Banten, Yusuf Purnama, Jumat (3/2).

Menurut Yusuf jumlah keseluruhan bidang lahan milik adalah 696 bidang yang sudah dibayarkan dengan luas lahan mencapai 224.454 meter persegi. “Hari terakhir ini kami membayarkan sisanya. Ada 86 bidang milik warga yang kami bayarkan hari ini. Sudah 100 persen rampung,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan bahwa 32 bidang milik warga yang lain yang masih diperkarakan di nantinya akan memperoleh pembayaran melalui pengadilan pula. “Dari persentase 100 persen ini, total uang untuk pembayaran mencapai sekitar Rp 1,6 triliun,” ungkapnya.

“Alhamdulillah waktu yang ditargetkan sesuai pada Bulan Februari 2017, bahkan sedikit lebih cepat dari rencana awal,” kata Kepala BPN Kota Tangerang, Badrussalim.

Sementara itu Yusuf Purnama juga turut memberikan apresiasi pada tim pengadaan lahan Kota Tangerang. “Ini adalah perjuangan dan tugas berat, alhamdulillah dapat selesai dan berjalan dengan lancar. Hari ini finalnya dan tentu pembangunan ka akan segera diselesaikan,” tutur Yusuf.

“Perjuangannya tentu banyak hal yang dihadapi. Pertama soal status tanah itu sendiri, ditambah lagi situasi dan kondisi saat ini yang membuat kita konsen ketika terdapat beberapa kegiatan menjadi tumpang tindih,” imbuh Yusuf.

“Saya sangat apresiasi dengan kerja luar biasa, bahkan lupa waktu untuk menuntaskan pengadaan lahan tersebut. Kami pun selalu berkoordinasi dan memotivasi pegawai di lapangan,” tandasnya.