Progres Sudah 90%, Kereta Bandara Soetta Siap Beroperasi 25 November 2017

Jakarta (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meninjau langsung pada Sabtu (7/10) kemarin. KA tersebut telah diuji coba oleh Menhub dengan rute Manggarai- Sudirman- Sudirman Baru- Duri- Batu Ceper- Tangerang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meninjau langsung proyek kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta - okezone.com

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meninjau langsung proyek kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta – okezone.com

Heru Kuswanto selaku Direktur Utama PT Railink mengungkapkan bahwa uji coba pengoperasian kereta Bandara Soetta oleh Menhub tersebut dilakukan untuk mengecek langsung kesiapan KA Bandara Soetta baik dari segi sarana dan berbagai pendukungnya.

“Kami siapkan 10 trainset KRL (EMU/electrical multiple unit) untuk KA Bandara Soekarno-Hatta. Dari 10 trainset tersebut, saat ini dua trainset telah lulus pengujian dan sertifikasi dari DJKA dan siap operasi. Sedang delapan trainset lainnya sedang dalam pengujian dan dalam waktu dekat akan siap operasi,” ungkap Heru di Jakarta, Sabtu (7/10), seperti dilansir Sindonews.

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya menyatakan bahwa pengerjaan kereta Bandara Soetta sudah mencapai 90% sampai 5 Oktober 2017 lalu. Oleh sebab itu, Budi menargetkan kereta Bandara Soetta dapat beroperasi seutuhnya mulai tanggal 25 November 2017 mendatang. “Kira-kira 25 November,” ucap Budi.

Lebih lanjut Budi berpendapat bahwa pembangunan kereta Bandara Soetta dapat memberi kenyamanan lebih pada masyarakat yang hendak bepergian ke bandara. Pasalnya selama ini perjalanan dari Manggarai menuju Bandara Soetta membutuhkan waktu 2 jam. Namun dengan menaiki kereta bandara hanya butuh waktu 45 menit saja. “Sekarang ini kan kita ke bandara membutuhkan waktu 2 jam. Nah dengan sekarang kita perkirakan hanya sekitar 45 menit ke bandara,” tuturnya.

Sementara itu, tiket kereta Bandara Soetta rencananya akan dibanderol pada kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu namun di dalamnya sudah dilengkapi fasilitas premium seperti tempat duduk yang nyaman, full AC, WiFi high speed, hingga fasilitas toilet layaknya di pesawat. Tiap rangkaian KA Bandara Soetta terdiri dari 6 kereta berkapasitas 272 penumpang dan seluruh penumpang dipastikan memperoleh tempat duduk, sehingga tak akan penumpang yang berdiri selama berada di perjalanan.

“Dengan pengoperasian KA Bandara Soetta ini diharapkan bisa menambah pilihan masyarakat dalam mengakses bandara terbesar di Indonesia. Jika selama ini hanya tersedia pilihan bertransportasi berbasis jalan raya, maka sebentar lagi akan hadir layanan transportasi publik berbasis jalan rel yang mengusung kenyamanan bagi pelanggan,” pungkas Heru.