Profil Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta

dibuka secara resmi pada 1 April 1985. Kantor ini merupakan pengalihan dari Kantor Imigrasi yang semula berada di Halim Perdana Kusuma, . Sejak Deseber 2013 berdasarkan SK Menkumham No. M.14.PR.07.04 Th.2003, Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta disahkan menjadi Kantor Imigrasi Kelas I.Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta

Sebagai Unit Pelaksana Teknis di bidang keimigrasian, Kantor Imigrasi ini bertanggung jawab langsung kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum serta melaksanakan kegiatan pengawasan perlintasan dan penegakan hukum di bidang keimigrasian. Berdasar pada pola kerja yang tersistem dan terintegrasi satu sama lain, diantaranya  :

  • Sistem untuk penerbitan paspor yang sudah berbasis biometric dan face recognition.
  • Sistem e-office yang digunakan sebagai sarana pelayanan keimigrasian terkoneksi antara UPT (Unit Pelaksana Teknis), Kantor Wilayah, serta Dirjen Imigrasi.
  • Sistem ECS (Enhanced Cekal System) yang digunakan sebagai sarana pemeriksaan cegah tangkal (disingkat cekal).
  • Passanger Moving System (PMS) untuk digunakan sebagai sarana perlintasan individu/orang di TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi)
  • Sistem BCM (Border Control Management) sehingga data dapat terekam ke pusat data keimigrasian.
  • e-passport
  • Sarana Autogate sebagai perlintasan bagi WNI di tempat Pemeriksaan Imigrasi, baik yang menggunakan passport biasa maupun e-passport.

Berikut adalah kegiatan yang dilakukan oleh bagian keimigrasian di TPI Bandara Soekarno-Hatta :

  1. Perlintasan Manusia

Setiap hari bagian keimigrasian harus mengurusi setidaknya sejumlah 30.000 orang yang lalu lalang di Bandara Soekarno Hatta, yang terdiri dari kedatangan 15 ribu orang dan keberangkatan dengan jumlah yang relatif sama.

  1. Perlintasan Alat Angkut

Di Bandaar Soekarno-Hatta terdapat setidaknya 184 kali penerbanagan yang membutuhkan jasa alat angkut setiap harinya, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

  1. Kegiatan keimigrasian

Kegiatan Keimigrasian di Bandara Sokerno-Hatta dilakukan oleh 3 unit yaitu unit A, B, dan C yang beranggotakan sebanyak 130 orang karyawan per unitnya.

  1. Jam Operasional

Setiap harinya masing-masing unit memiliki jam operasional yang terbagi menjadi 2 shift, yaitu shift pagi yang beroperasi mulai pukul 06.00 wib hingga 16.00 wib, dan shift sore yang beroperasi sejak pukul 16.00 wib hingga 06.00 wib. Jadi pada setiap harinya ada 2 unit yang aktif beroperasi sedangkan  1unit diliburkan.

Kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta terletak di dalam area Bandara Soekarno-hatta, tepatnya di area . Untuk lokasi dan kontak Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-hatta adalah sebagai berikut :

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta

Jl. Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta (Terminal 2), Kel.Pajang, Kec.Benda, Tangerang – Banten 19110

Telp. 5507231-32, 021-5507185 (untuk dan pengaduan)

Faks. 021-5507231 (TU) / 5507187

Hp. 087809786678

:

[email protected]

[email protected]

[email protected]

:

http://soekarnohatta.imigrasi.go.id/