Profil Bandar Udara Pondok Cabe (PCB), Tangerang

Pondok Cabe (PCB/WIHP) awalnya merupakan sebuah pangkalan udara militer yang terletak di daerah Pondok Cabe Udik, kecamatan Pamulang, Kabupaten Tangerang Selatan. Bandara ini berada di ketinggian 61 mdpl dan memiliki landasan pacu sepanjang 1.984 m dengan lebar 45 m. Bandara ini dikelola oleh Pelita Air Services yang merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero).bandar-udara-pondok-cabe

Dalam perkembangannya, Lanud Pondok Cabe rencananya bakal dijadikan bandara udara komersil dalam waktu dekat, mengingat terlalu padatnya kondisi di Bandara Soekarno Hatta sebagai Bandara Internasional utama Indonesia. Pihak Pelita Air Service dikabarkan telah menandatangani nota kesepahaman dengan pihak sebagai maskapai komersil pertama yang akan mengudara di Bandara Pondok Cabe.

Tahapan Groundbreaking Bandara Pondok Cabe direncanakan untuk dilakukan pada 10 Desember 2015 mendatang, bersamaan dengan HUT Pertamina. Hingga kini, lapangan terbang Pondok Cabe masih terus  direnovasi untuk memenuhi standar bandar udara komersil. infrastruktur di Bandara Pondok Cabe ditargetkan selesai dan siap digunakan pada Januari 2016.

Lapangan terbang seluas 116 hektar ini didesain untuk menampung 500.000-1 juta penumpang. Selain infrastruktur, Bandara Pondok Cabe juga akan mengalami modifikasi landasan pacu. Landasan pacunya bakal diperpanjang hingga 2.000 meter dengan lebar yang masih sama. Selain itu, akan disediakan juga peralatan navigasi sesuai standar badan internasional. Untuk beberapa saat, Bandara Pondok Cabe hanya akan dioperasikan di siang hari saja.

Sebenarnya wacana untuk menjadikan Lanud Pondok Cabe sebagai Bandar udara komersil telah sempat direncanakan pada tahun 2008, namun rencana tersebut dibatalkan oleh Dirjen Perhubungan Udara pada Januari 2009 dengan alasan kondisi landas pacu yang tidak memadai. Selain itu, terdapat pemukiman padat penduduk pada jarak kurang dari 500 meter dari Bandara. Hal ini dinilai akan menghambat pengembangan Bandara Pondok Cabe di masa mendatang.

Perihal pesawat komersil yang nantinya akan diterbangkan di Bandara Pondok Cabe, Bandara ini hanya akan dilalui oleh pesawat jenis baling-baling dan pesawat berbadan kecil. Lapangan terbang ini juga hanya akan melayani penerbangan pendek ke wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan durasi penerbangan kurang dari 2 jam saja.

Garuda Indonesia sebagai maskapai komersil pertama yang akan mengoperasikan armadanya di Bandara Pondok Cabe berencana untuk langsung membuka 8 rute. Kedelapan rute tersebut diantaranya adalah Pondok Cabe – Lubuk Linggau, Pondok Cabe – Pangkalan Bun, Pondok Cabe – Palembang, Pondok Cabe – Tanjung Karang, Pondok Cabe – Semarang, Pondok Cabe – Ketapang, Pondok Cabe – Yogyakarta, dan Pondok Cabe – Lampung.