Pesawat China Airlines Resmi Pindah ke Terminal 3 Bandara Soetta

Tangerang – Sejak beberapa waktu lalu operasional yang tergabung dalam aliansi Skyteam secara bertahap dipindahkan dari 2D ke 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kini giliran maskapai asal Tiongkok, China Airlines yang terbang perdana di T3 Soetta untuk melayani rute Taipei-Jakarta lewat bernomor CI761.

China Airlines - commons.wikimedia.org

China Airlines – commons.wikimedia.org

Pesawat China Airlines dijadwalkan memulai operasionalnya di Terminal 3 Bandara Soetta mulai Selasa (8/8) kemarin. Sejumlah maskapai internasional sengaja dipindahkan ke Terminal 3 untuk meminimalisir kepadatan penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta.

“Kami memahami seluruh maskapai asing akan mulai beroperasi dari Terminal 3. Selamat datang China Airlines di Terminal 3. Persiapan penyambutan telah kami lakukan,” ungkap Dewandono Prasetyo Nugroho, Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Selasa (8/8), seperti dilansir Metrotvnews.

Prasetyo mengungkapkan bahwa sampai saat ini perpindahan penerbangan maskapai anggota Skyteam ke Terminal 3 berlangsung dengan lancar. Pasalnya, PT Angkasa Pura (AP) II sudah mempersiapkan segala sarana dan prasaran di Terminal 3 untuk mendukung kelancaran penerbangan. “Baik dari sisi pelayanan dan fasilitas, seperti sisi airside dan landside sudah kami persiapkan,” ujar Prasetyo.

Menurut Pras, perpindahan penerbangan ini sudah sesuai dengan roadmap PT AP II. Di Terminal 3 Internasional sendiri sudah disediakan berbagai fasilitas digital seperti baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS) dengan teknologi terbaru, serta aplikasi smartphone yang bisa memudahkan penumpang pesawat atau pengunjung bandara untuk mencari tempat parkir, memesan tempat parkir inap, reservasi taksi, melihat penerbangan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, operasional penerbangan di Terminal 3 Bandara Soetta juga telah didukung dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi diletakkan di bagian keberangkatan dan kedatangan. Ada pula 32 autogate imigrasi yang masing-masing sejumlah 15 autogate ditempatkan di bagian keberangkatan dan 17 autogate di bagian imigrasi kedatangan.

“Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” tandasnya. Sebelumnya sudah ada beberapa maskapai yang berpindah ke Terminal 3 Soetta, antara lain Saudi Arabian Arlines, Vietnam Airlines, Korean Airlines, dan Xiamen Airlines.