Oktober 2020, Pesawat Bermasker Garuda Layani Sejumlah Rute dari Jakarta

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Airbus A330-900NEO milik sempat menarik perhatian karena dihiasi dengan livery unik. Armada ini didesain seperti sedang memakai masker raksasa di bagian moncong. Nah, bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi menumpang ini, Garuda Indonesia mengoperasikan sejumlah perjalanan dari Jakarta menuju beberapa tempat.

Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia - bisnis.tempo.co

Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia – bisnis.tempo.co

Sepanjang Oktober 2020, pesawat ‘bermasker’ milik Garuda Indonesia tersebut melayani setidaknya 22 rute dari Jakarta dan sebaliknya. Jakarta-Medan-Jakarta dilayani pada tanggal 14 Oktober, 16 Oktober, dan 21 Oktober. Kemudian rute Jakarta-Batam-Jakarta beroperasi tanggal 15 Oktobeer, 22 Oktober, dan 24 Oktober. Sementara, rute Jakarta-Bali-Jakarta dijadwalkan tanggal 17 Oktober, 19 Oktober, 20 Oktober, dan 23 Oktober, sedangkan rute Jakarta-Balikpapan-Jakarta terbang 18 Oktober.

“Peluncuran livery masker pesawat ini merupakan bentuk dukungan terhadap edukasi melalui kampanye ‘Ayo Pakai Masker’,” tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, disalin dari CNN Indonesia. “Kebanggaan tersendiri bagi kami menjadi penerbangan nasional pertama di Indonesia yang menampilkan livery khusus pesawat dengan masker.”

Irfan memaparkan, total pesawat yang akan menggunakan livery bermasker sebanyak 5 armada. Lima pesawat ini melayani rute penerbangan domestik maupun rute penerbangan , termasuk destinasi penerbangan Singapura dan Jepang. “Hal ini juga sejalan dengan komitmen dalam mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru,” sambung Irfan.

Untuk mengoptimalkan kampanye penggunaan masker tersebut, Garuda Indonesia juga menyelenggarakan kompetisi desain livery masker pesawat bertajuk ‘Fly Your Design Through The Sky’ sepanjang Oktober 2020. Pelaksanaan kompetisi ini akan dibagi menjadi empat tahap pengumuman pemenang. Pemenang ke-1 pada 12 Oktober 2020, pemenang ke-2 pada 16 Oktober 2020, pemenang ke-3 pada 23 Oktober 2020, dan pemenang ke-4 pada 9 November 2020.

Pemenang pertama sendiri merupakan karya dari Jailani. Dipajang di armada B737-800 NG, desain mask livery ini mengangkat tema kebanggaan atas kekayaan ragam budaya dan  pesona alam Indonesia. Menampilkan antara lain motif Barong Bali, simbol eksotisme candi, ikon fauna khas Indonesia, yakni komodo, serta berbagai representasi kekayaan budaya dan pesona alam nasional lainnya.