Perlancar Kedatangan Atlet APG 2018, Bandara Soetta Siapkan Konter Imigrasi Khusus

Jakarta – Dalam rangka menyambut Asian Para Games (APG) 2018, Direktorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mempersiapkan setidaknya 24 konter di 3 dan 2 , Tangerang, Banten.

Enang Supriyadi, Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta - deladeni.com

Enang Supriyadi, Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta – deladeni.com

“Kami memiliki 32 konter imigrasi yang bekerjasama dengan Angkasa Pura II dan ada juga 16 konter otomatis di Terminal 3. Dari itu, kami prioritaskan 20 konter untuk tamu-tamu Asian Para Games. Tapi, itu bersifat situasional,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Enang Supriyadi di Cengkareng, Selasa (25/9), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Enang menjelaskan jika pihaknya menyiapkan 4 konter imigrasi di Terminal 2 Bandara Soetta yang dapat menyambut para tamu Asian Para Games 2018 dan juga bersifat situasional. “Jumlah peserta Asian Para Games tentu berbeda, lebih sedikit dibanding Asian Games. Kami telah belajar dari Asian Games. Dengan sistem jemput bola, kami yakin imigrasi bisa lebih cepat dua kali lipat dibanding imigrasi kedatangan umum,” beber Enang.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Franky Sompie menuturkan jika pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengakomodir kebutuhan para atlet dan ofisial APG 2018. “Kami telah mempersiapkan penerimaan kedatangan para atlet dan kontingen serta suporter dari semua negara peserta yang akan mulai datang pada tanggal 26-27 September ini,” tuturnya.

Tak hanya menyiapkan konter-konter khusus, Ditjen Imigrasi pun mengoperasikan peralatan pembaca visa dan paspor dengan kecepatan membaca hingga 1 menit pada proses kedatangan dan 15 detik untuk prosedur kepulangan peserta APG 2018. “Kami juga menyiapkan tiga unit tim yang masing-masing terdiri dari 30 orang dan mereka akan bergiliran kerja selama 24 jam yang berkolaborasi dengan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC),” ungkap Enang.

Agar proses kedatangan dan pemulangan para atlet dan kontingen APG 2018 bisa berlangsung lancar, disiapkan pula jalur khusus di Bandara Soetta. “Kita siapkan jalur khusus, baik liftnya yang bisa menampung kedatangan mereka. Termasuk juga nantinya kepulangan mereka. Jemput bola yang kita lakukan collect paspor bisa kita lakukan tapi tetap kehati-hatian, kecermatan petugas untuk mengantisipasi kecocokan paspor dengan identitas pembawa paspor ini sebagaimana biasanya kita lakukan,” tandas Ronny.