Pergerakan Pesawat Selama Libur Kemerdekaan di Bandara Soekarno-Hatta Naik 10%

Jakarta – Pergerakan di , Tangerang, Banten rupanya mengalami lonjakan cukup signifikan pada momen libur panjang akhir pekan lalu. Menurut data PT Angkasa Pura (AP) II, angka pergerakan sampai akhir pekan lalu atau ketika libur Hari Kemerdekaan Republik Indonesia mencapai 524 . itu naik 10% dari biasanya yang hanya sekitar 400 .

Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta - www.rappler.com

Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.rappler.com

“Kemarin pada hari Jumat tembus di angka 524 penerbangan. Ada kenaikan yang biasanya pergerakan pesawat 400 hingga 459, naik sekitar 10 persen,” kata Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang, Selasa (18/8), seperti dilansir Liputan6.

Lonjakan jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soetta ini juga disusul dengan kenaikan jumlah penumpang pesawat udara yang mencapai angka 47 ribu orang. Pergerakan pesawat dan penumpang pada pekan ini adalah angka yang tertinggi selama masa pandemi virus corona (Covid-19) berlangsung. “Untuk pergerakan penumpang juga meningkat. Tercatat pada Jumat lalu jumlah pergerakan penumpang sebanyak 47 ribu penumpang,” ucap Febri.

Selaku pihak pengelola Bandara Soetta, Febri pun mengharapkan angka tersebut dapat terus meningkat untuk menggenjot perkembangan industri pariwisata di Indonesia. Apalagi karena sekarang Bandara Soekarno-Hatta sedang gencar-gencarnya melaksanakan safe travel campaign.

Kampanye tersebut menegaskan bahwa Bandara Soekarno-Hatta menjamin diterapkannya protokol kesehatan secara ketat pada tiap titik keberangkatan dan kedatangan, yang didukung oleh digitalisasi dan teknologi informasi. “Kita harap naik karena jumlah pariwisata yang harus kita genjot masih di angka 10-15 persen, dalam dominasi usaha kepentingan pribadi dan bisnis,” terang Febri.

Adapun Safe Travel Campaign, Safe Airport for Safe Travel Experience yang dilaksanakan secara serentak di 19 bandar udara yang berada di bawah pengelolaan PT AP II diklaim dapat meningkatkan jumlah penumpang karena meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi udara.

“Safe Travel Campaign yang memastikan protokol kesehatan dijalankan ketat di 19 bandara ini kami umumkan pada akhir Juli, dan kemudian berdampak positif di mana pada awal Agustus jumlah penumpang pesawat mengalami peningkatan. Kami akan menjaga kepercayaan masyarakat ini sehingga 19 bandara PT Angkasa Pura II dapat optimal dalam menjaga konektivitas penerbangan dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional,” beber President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.