Pengantar Kini Boleh Masuk Area Terminal 2D & 2E Bandara Soetta

Tangerang – Mulai tanggal 1 Mei 2019 lalu, PT Angkasa Pura (AP) II selaku pihak pengelola , Tangerang, Banten membebaskan pengunjung dan pengantar untuk memasuki area Terminal 2D dan Terminal 2E sebelum area Security Check Point.

Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta - labbaik.id

Bandara Internasional Soekarno-Hatta – labbaik.id

“Dibebaskan seperti di Terminal 3,” kata Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang, Selasa (30/4), seperti dilansir Tempo. Seperti diketahui, selama ini para pengunjung maupun pengantar penumpang hanya diperkenankan masuk sampai lobi Terminal 2 atau sebelum memasuki Security Check Point 1.

Lebih lanjut Febri mengatakan bahwa kebijakan baru sengaja diberlakukan, berkaitan dengan dioperasikannya Terminal 2F Bandara Soetta sebagai terminal khusus maskapai berbiaya rendah atau Low Cost Carrier Terminal (LCCT) pada 1 Mei 2019 lalu. Di samping itu, langkah ini juga berhubungan dengan konsep baru Terminal 2 yang direvitasi total oleh AP II.

Adapun LCC Terminal 2F menjadi bagian dari revitalisasi menyeluruh di Terminal 2 Bandara Soetta. Sampai saat ini Terminal 2 Bandara Soetta memiliki kapasitas mencapai 9 juta penumpang per tahun. Usai revitalisasi rampung seluruhnya tahun 2022 mendatang, kapasitasnya diharapkan bisa bertambah hingga 24 juta penumpang per tahun.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menambahkan, LCC Terminal 2F dapat memperluas konektivitas dan pangsa pasar Bandara Soetta, terutama pada segmen penerbangan dengan biaya murah. “Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara, dan Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu,” jelas Awaluddin.

Selain itu, penumpang LCC khusus rute internasional di Bandara Soetta pada 2018 dilaporkan mencapai 30% dari jumlah keseluruhan penumpang rute internasional 15,5 juta orang. Menurut Awaluddin, penumpang di segmen LCC di Bandara Soetta pun masih tumbuh, di mana secara year to year pada periode 1 Januari-24 April 2019 sebesar 1,32 juta orang, atau naik hampir 2% dari periode yang sama di tahun 2018 sebesar 1,34 juta orang.

“Dengan adanya LCCT, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi dan meningkatkan konektivitas dan memperluas keterjangkauan perjalanan berwisata ke Indonesia,” pungkas Awaluddin.