Penerbangan Haji dari Halim Dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta , Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa calon jemaah haji yang sedianya diberangkatkan dari Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur akan dialihkan ke Internasional , Tangerang, Banten. Penerbangan terpaksa dialihkan lantara beberapa bagian () di Halim PK terkelupas.

Landasan Halim Mengelupas, Satu Penerbangan Haji Dialihkan ke Soekarno-Hatta - kompas.com

Landasan Halim Mengelupas, Satu Penerbangan Haji Dialihkan ke Soekarno-Hatta – kompas.com

“Kami memutuskan mulai hari ini penerbangan haji menggunakan (bandara) Soetta,” ujar Budi di Jakarta, Sabtu (29/7), seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Budi menuturkan bahwa kemungkinan penerbangan calon jemaah haji dari Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soetta sampai seluruh kelompok terbang (kloter) terakhir diberangkatkan ke Tanah Suci. “Mungkin seterusnya, sampai terakhir,” ungkapnya.

Budi menjelaskan jika pada dasarnya kekuatan landasan pacu di Bandara Halim Perdanakusumah sudah sesuai standar nilai Pavement Classification Number (PCN) di atas 140. Akan tetapi di beberapa titik terdapat kemungkinan indikasi kandungan air tanah yang berlebihan di antara lapisan atas dan bawahnya. “Maka menjadi rawan,” sambung Budi.

Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri sudah menginstruksikan PT Angkasa Pura (AP) II untuk melakukan evaluasi kekuatan konstruksi landasan pacu Bandara Halim PK. Di samping itu nantinya juga akan dilakukan pelapisan ulang bagian yang terkelupas supaya hal yang sama tak terjadi lagi.

Sementara itu PT AP II menuturkan bahwa pihaknya siap melayani penerbangan haji di Bandara Soetta setelah adanya kesepakatan antara berbagai pihak terkait seperti Otoritas Bandara, AirNav, Saudi Arabian Airlines, Garuda Indonesia, JAS, Pertamina, Indonesia Airport Slot Manajemen, dan Aero Catering Service (ACS).

“Semua pihak mendukung penuh kegiatan Haji 2017 di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Dewandono Prasetyo Nugroho, Branch Communication Manager, Sabtu (29/7).

Calon jemaah haji embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan embarkasi Jakarta-Bekasi dari Halim Perdanakusumah yang nantinya akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. Oleh sebab itu IASM telah menjanjikan prioritas slot penerbangan haji. Pihak Otban Soekarno-Hatta juga sudah menerbitkan Pas (ID) harian pada petugas haji yang masih menggunakan Pass Haji Bandara Halim. “Prinsipnya, kami sudah siap menyambut para calon jemaah haji,” ucap Pras.

Rombongan bus calon jemaah haji dan bagasinya akan diberangkatkan dari asrama haji dalam kondisi steril sampai masuk melalui pintu kargo Bandara Soetta dipandu oleh petugas AMC dan Aviation Security (Avsec). Supaya jemaah datang tepat waktu, CJH diberangkatkan dari asrama ke Bandara Soetta minimal 3,5 jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Rambu penunjuk arah pun sudah kami pasang. Hingga saat ini secara teknis tidak ada kendala baik di runway selatan dan utara. Semua dalam kondisi baik dan lancar,” tandasnya.