Pencatatan Karcis Masih Manual, Antrean Parkir di Pintu TOD M1 Bandara Soetta Padat

Tangerang – Usai kawasan transit oriented development (TOD) di , Tangerang, Banten rampung dibangun, pihak PT Angkasa Pura (AP) II pun menyediakan tempat kendaraan. Oleh sebab itu pintu gerbang M1 Bandara Soetta saat ini kembali dibuka. Sebelumnya pintu M1 ditutup sejak Oktober 2014 lalu karena terdampak rel Bandara Soetta.

Erwin Revianto, Senior Manager of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport - www.rri.co.id

Erwin Revianto, Senior Manager of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport – www.rri.co.id

“Gerbang M1 ini sudah dibuka untuk uji coba TOD sejak 16 Februari 2018 dan ini merupakan akses bagi masyarakat dan pegawai di lingkungan bandara untuk memarkirkan kendaraannya secara gratis hingga 28 Februari nanti,” ujar Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Erwin Revianto, Selasa (20/2), seperti dilansir Kompas.

Warga dan pegawai di lingkungan bandara yang memarkir kendaraan di sana nantinya dapat menikmati fasilitas shuttle bus yang disiapkan gratis untuk mengantarkan ke gedung atau stasiun kereta bandara. “Nah dari stasiun itu mereka menuju ke Terminal 1, 2, dan 3 memakai skytrain dan itu juga gratis,” ucap Erwin.

“Animo masyarakat sangat tinggi dengan dibukanya gerbang M1 ini. Ketika parkir liar itu ada 800 kendaraan dalam sehari, tetapi pada saat TOD dibuka itu sambutannya positif sekali. Hari Minggu itu ada 2.400 kendaraan roda dua, sedangkan kemarin mencapai 2.900 motor,” sambung Erwin.

Area parkir TOD tersebut bisa digunakan untuk sepeda motor dan mobil. Selama proses uji coba sampai akhir bulan Februari layanan parkir di TOD hanya berlaku untuk kendaraan roda dua. “Nanti begitu tanggal 1 Maret 2018 baru dikenakan tarif buat yang parkir di sini. Sudah dalam pengkajian angkanya tapi belum ditentukan, yang pasti lebih murah tarif parkir lainnya,” beber Erwin.

Namun beberapa hari memasuki tahap uji coba, rupanya antrean kendaraan di TOD cukup panjang. Pasalnya pencatatan karcis masuk parkir masih manual. Kepadatan tersebut biasanya terjadi pada jam sibuk atau masuk kerja dan pergantian shift. “Antrean terjadi ketika di jam-jam sibuk, atau ketika jam masuk kantor maupun jam penggantian shift sekitar pukul 13.00 WIB atau pukul 14.00 WIB,” kata Branch Communication Manager Bandara Soetta, Haerul Anwar.

Hingga kini PT Angkasa Pura Solusi (APS) selaku pengelola parkir TOD M1 Bandara Soetta mengaku masih melakukan evaluasi terhadap layanan parkir tersebut. Oleh sebab itu APS akan menempatkan gardu parkir otomatis sebelum 1 Maret 2018. “Dalam satu minggu ini kita masih evaluasi terus. Oleh karenanya, secepatnya akan kita tempatkan gardu otomatis karcis parkir sebelum 1 Maret. Dan jumlahnya masih kita evaluasi,” tandasnya.