Pemkot Tangsel Usulkan Rute MRT Jakarta Diperpanjang Sampai Bandara Soetta

Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta kabarnya akan diperpanjang hingga Tangerang. Hingga kini rencana perpanjangan trase MRT Jakarta sampai Tangerang Selatan (Tangsel) masih terus didiskusikan. Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany juga berharap agar perpanjangan MRT Jakarta tersebut bukan sekadar sampai kotanya saja, namun juga sampai ke .

Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangsel - news.okezone.com

Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangsel – news.okezone.com

Perpanjangan rute tersebut direncanakan bisa terealisasi sebelum tahun 2021. Hingga kini PT MRT Jakarta masih pada tahap pra-studi kelayakan atau pre-feasibility studies (FS) sembari menanti ketetapan Penanggung Jawab Kerja Sama (PJPK) oleh Kementerian Perhubungan.

“Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) juga sudah saya komunikasikan bahwa mudah-mudahan bisa segera dilakukan, sehingga time table dengan target kita sampai 2021 bisa mulai peletakan batu pertama bahkan jadi, itu bisa dilakukan,” ujar Airin di Jakarta, Selasa (18/9), seperti dilansir Viva.

Jika didasarkan pada asumsi saat ini, jalur MRT Jakarta yang direncanakan akan dimulai dari Stasiun Lebak Bulus-Ciputat-Pamulang-Rawabuntu-Serpong-Bandara Soetta. Akan tetapi kepastian mengenai rute tersebut masih menanti hasil pra studi kelayakan yang saat ini masih dalam penyusunan.

“Nah dari Rawa Buntu-Serpong lanjut lagi ke wilayah Kota Tangerang masuk ke bandara. Jadi gitu. Ini kan Bulus, Ciputat, Pamulang, Rawa Buntu, Serpong, nanti dari Serpong bisa ditarik ke jalur Bandara. Hasilnya nanti kita tunggu saja, mana kajiannya yang terbaik,” jelas Airin.

Dengan adanya perpanjangan trase MRT Jakarta hingga Bandara Soetta ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di kawasan Tangerang Selatan. Pasalnya, sekitar 50% warga Tangsel menurut Airin merupakan pekerja di DKI Jakarta. Nantinya Airin juga mengharapkan masyarakat Tangsel yang biasa bepergian menggunakan kendaraan pribadi dapat beralih memanfaatkan transportasi umum agar bisa mengurangi kemacetan di jalan raya.

“Harapan kita dengan jumlah penduduk (Tangsel) yang hampir 1,5 juta, mayoritas kurang lebih 50 persen dari hasil data BPS, yang kerja di Jakarta. Mudah-mudahan itu (perpanjangan rute MRT) jadi suatu kebangkitan yang menarik,” tandas Airin.