Pemerintah Bakal Bangun Tol Pantura-Bandara Soekarno-Hatta


Kabupaten Tangerang sedang berencana membangun jalan akses () menuju Bandara Internasional . Jalan tol tersebut direncanakan menghubungkan Balaraja Tangerang-Sediyatmo Bandara Soekarno Hatta, dan merupakan lanjutan dari proyek tol Balaraja-Serpong yang kini masih dalam tahap pembebasan oleh perusahaan konsorsium.

Nantinya, jalan tol ini akan menyisir Pantai Utara wilayah Kabupaten Tangerang, mulai Balaraja, Kedaton, Pasar Kemis, Pakuhaji, Kosambi, hingga ke Bandara Soekarno Hatta. “Nantinya, jalan tol ini membentuk seperti huruf M dan tembus langsung di tol Sediyatmo dan Pintu M1 Bandara ,” terang Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar

“Tol Balaraja-Bandara Soetta ini kami persiapkan untuk pengembangan, agar tidak macet,” imbuh Zaki. “Tol dengan panjang 38 kilometer tersebut juga bisa mengakomodasi kepentingan warga yang berada di sekitar Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta atau daerah Selapajang. Nantinya, pecahannya ada di Pintu M1.”

Di samping itu, pengembangan tol ini juga bertujuan untuk menyatukannya dengan Bandara Soetta yang masih dalam proyek serta mereka yang ingin ke tol Karang Tengah. “Saat ini, kami masih mempersiapkan pelebaran jalan utamanya agar tidak macet,” sambung Zaki.

“Rencana proyek tol ini sudah kami sosialisasikan dengan Ketua RT dan Ketua RW yang wilayahnya terdampak pembebasan ,” tambah Zaki. “Ketua RT dan RW yang daerahnya dibebaskan terkait proyek jalan tol ini juga sudah memegang gambar Tol Balaraja-Bandara Soetta.”