Pembebasan Lahan Dikebut, Tol Kunciran-Bandara Soetta Siap Beroperasi Maret 2018

Jakarta – PT Jasamarga Kunciran-Cengkareng (JKC) selaku salah satu kelompok usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang merupakan pengelola Jalan Tol Kunciran-Cengkareng saat ini berupaya untuk mempercepat proses pembebasan lahan. Oleh sebab itu, PT JKC yakin jika Tol Kunciran-Cengkareng dapat beroperasi pada Maret 2019 mendatang.

proyek jalan tol Serpong-Kunciran di Jombang, Tangerang Selatan - www.liputan6.com

jalan tol Serpong-Kunciran di Jombang, Tangerang Selatan – www.liputan6.com

Menurut Direktur Utama JKC, Edwin Cahyadi, menyebutkan bahwa Jalan Tol Kunciran-Cengkareng ( ) yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 dan menyambungkan Kunciran dengan Soetta ini progresnya telah mencapai 15,51%. “Telah mencapai 15,51 persen dan ditargetkan dapat beroperasi secara penuh pada bulan Maret tahun 2019,” kata Edwin, Kamis (12/7), seperti dilansir Tribunnews.

Sementara itu, jumlah lahan keseluruhan yang dibutuhkan untuk pengerjaan proyek Tol Kunciran-Cengkareng mencapai 122 hektare dengan memakai dana sesuai ketentuan yang berlaku. “Progres pengadaan tanah hingga awal Juli mencapai 44,42 persen,” beber Edwin.

Lebih lanjut Edwin mengungkapkan bahwa terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh pihaknya, misalnya masih harus merundingkan soal harga tanah dengan warga yang masih menunggu hasil keputusan pengadilan, tumpang tindih kepemilikan tanah, tanah fasos dan fasum yang belum diserahterimakan, hingga penentuan ulang puskesmas pengganti, serta dibutuhkannya pengukuran ulang Peta Bidang dan Daftar Nominatif Pemilik (DNP) dan terhambatnya eksekusi tanah milik pemerintah yang masih dihuni oleh warga.

“Tantangan-tantangan ini berdampak terhadap waktu pengerjaan konstruksi karena lahan hasil pembebasan lokasinya menyebar di sejumlah titik sehingga akses masuk alat berat ke lokasi sangat terbatas,” papar Edwin.

Demi mempercepat proses pengadaan lahan, pihak PT JKC juga aktif melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang sebagai pelaksana pengadaan tanah dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) agar dapat segera merampungkan pelaksanaan pembebasan tanah Tol Kunciran-Tangerang.

“Kami berharap pelaksanaan pengadaan tanah dapat segera diselesaikan dalam waktu dekat ini, karena target penyelesaian konstruksi pada bulan Februari 2019, sedangkan masih banyak lokasi pekerjaan struktur yang belum bebas,” pungkas Edwin.