Pembangunan Rel Kereta Bandara Soetta Sudah Sampai Tanah Tinggi

Tangerang hingga kini masih terus dalam penggarapan. Saat ini bantalan rel untuk infrastruktur kereta Bandara Soetta mulai tampak dipasang di Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Kereta Bandara Soetta kelak akan melewati pemukiman serta melintasi Batu Ceper dan Benda.

Stasiun Kereta Bandara di Manggarai - finance.detik.com

Stasiun Kereta Bandara di Manggarai – finance.detik.com

“Ada lebih dari 400 bidang tanah di kelurahan ini yang dibebaskan untuk rel kereta tersebut. Alhamdulillah, pembangunannya berjalan lancar hingga saat ini,” ujar Hadi Ismanto, Lurah Tanah Tinggi, Selasa (18/7), seperti dilansir Infonitas.

Hadi mengungkapkan bahwa mulanya proyek kereta bandara di wilayah Tanah Tinggi sulit memperoleh persetujuan dari warga. Pasalnya banyak warga yang merasa dirugikan akibat pembangunan tersebut. Tetapi berkat adanya sosialisasi yang rutin dilakukan warga pun berangsur menerima proyek tersebut. “Sebagai solusinya, kami berupaya menjembatani komunikasi antara warga dengan kontraktor agar segera mendapat perbaikan (jika ada fasilitas yang rusak),” tuturnya.

Selain di Tanah Tinggi, pembangunan fasilitas kereta Bandara Soetta di Stasiun Manggarai juga mulai tampak. Di sana ada beberapa tiang pancang yang sudah mulai berdiri. Kepala Stasiun Manggarai Hendrik Mulyanto menuturkan jika saat ini pembangunan proyek kereta bandara sudah pada tahap pembuatan bor pile dan tiang pancang untuk rangka stasiun serta lintasan rel.

“Baru memasuki pembuatan bor pile, tiang pancang,” kata Hendrik di lokasi proyek. Untuk melancarkan proses pembangunan sarana transportasi tersebut, Hendrik menjelaskan jika terkadang proses pembangunan menghabiskan waktu operasional lebih panjang dari semestinya, bahkan bisa sampai 24 jam penuh. “Jika diperlukan 24 jam, tapi kalau enggak ya normal saja (sekitar 16 jam),” tutur Hendrik.

Sebagai informasi, PT Adhi Karya Persero Tbk dan Giwin Railway Sistem merupakan kontraktor untuk proyek pembangunan gedung Stasiun Manggarai. Stasiun Manggarai baru tersebut nantinya termasuk dalam proyek Double Double Track dan juga akan dimanfaatkan sebagai operasional kereta Bandara Soetta.