Patung Duo Proklamator, Ikon Baru Bandara Soekarno-Hatta

Tangerang – Patung duo proklamator , Soekarno dan Mohammad Hatta telah dipindahkan ke , Tangerang pada Jumat (8/1) jelang dini hari. Patung setinggi hampir 8 meter dengan bobot 7 ton lebih ini sedianya akan menjadi bagian dari penataan besar-besaran terbesar di tersebut.patung-proklamator-soekarno

Proses pemindahan patung duo proklamator tersebut memang sengaja dilakukan pada malam hari, mengingat volume kendaraan dan pengunjung Bandara sangat padat pada siang hari.

“Belum dipindah semua, nanti malam baru dilanjut. Semalam mau dipindah enggak dapat slot,” ujar Agung Sedayu, Head of Project Management Unit Bandara Soekarno-Hatta via pesan singkat (10/1).

Kedua patung itu diikat tali dan dibungkus dengan terpal sebelum dipindahkan. Tali yang digunakan berasal dari crane yang berfungsi untuk mengangkat patung dari awal ke truk pengangkut berukuran besar. Sedangkan terpal digunakan untuk membungkus kedua patung agar nantinya tak tergores. Agar bisa diangkat, para pekerja harus terlebih dahulu mengebor batu besar di bawah kedua patung tersebut.

“Kita bikin besinya dulu, dilas, baru patungnya bisa berdiri. Ada steger juga buat jaga-jaga biar patungnya enggak jatuh,” ujar salah satu pekerja yang mengaku bernama Ibnu.

Patung Soekarno Hatta ini bakal ditempatkan di bundaran Terminal dan Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta. Setidaknya butuh waktu sekitar 1 bulan untuk menambahkan tanaman dan air mancur sebagai hiasan di bawah bundaran tersebut. Patung Perunggu hasil pahatan seniman asal Institut Teknologi Bandung (ITB) ini berdiri sejak tahun 2007 dan pertama kali diresmikan oleh Presiden SBY yang menjabat kala itu. Nantinya, akan berdiri patung garuda sebagai ganti patung Soekarno-Hatta di tempat asalnya.