Pasca Delay 3 Hari, Lion Air Hanya Diberi Teguran Keras

–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan teguran tertulis kepada manajemen . Sanksi yang diberikan pemerintah, tidak diberi izin rute baru hingga dapat menunjukkan standar prosedur operasi atau standard operating procedure (SOP) pelayanan kepada penumpang.

Teguran keras yang disampaikan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara itu merespons kisruh penumpang karena selama tiga hari tidak bisa diterbangkan ke berbagai tujuan. Lion Air sebagai low cost carrier (LCC) yang seharusnya mengedepankan pelayanan ternyata tidak memiliki SOP penanganan darurat.

“Kita tidak melihat Lion Air melakukan SOP pada saat terjadi masalah di lapangan. Karena itu, pemerintah meminta komitmen Lion Air agar dapat melaksanakan SOP pelayanan penumpang sebelum maskapai mendapatkan izin rute baru,” kata Staf Khusus Menhub Hadi Mustafa Djuraid kemarin (20/2).

Surat teguran tersebut, kata Hadi, diberikan karena Lion Air dinilai tidak responsif dan kooperatif. Maskapai tidak responsif karena tidak menyediakan tempat bertanya dan tidak memberikan penjelasan atas kelanjutan delay kepada penumpang. (pur/c1/jay/jpnn)

lionair-arrival