Pasar Mulai Ramai, Garuda Buka Kembali Rute Jakarta-London

Pada akhir Oktober 2018 kemarin, Garuda Indonesia memutuskan untuk menutup Jakarta- via Internasional Soekarno-Hatta karena dinilai tidak cukup menguntungkan. Namun, belum genap sebulan, ini diberitakan bakal kembali membuka jalur Jakarta-London karena melihat pasar sudah mulai tumbuh.

Garuda Indonesia bakal membuka kembali rute Jakarta-London via Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.dutawarta.com

“Kami hidupkan lagi karena saya lihat pasar sudah tumbuh, tetapi structure cost yang kami tinjau,” terang Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, dilansir Antara. “Peninjauan ulang struktur biaya itu dilakukan dengan cara mengganti armada yang digunakan sebelumnya, dari jenis Boeing 777 menjadi Airbus 330-300.”

Berbeda dengan sebelumnya, nantinya Garuda Indonesia akan membuka rute Jakarta-London dengan singgah terlebih dahulu di Singapura. Sementara, untuk rute sebaliknya, pesawat bakal terbang langsung dari ibukota menuju , . Rute ini sendiri menurut rencana akan kembali dibuka Garuda Indonesia pada tanggal 15 November 2018 mendatang.

“Pasar asal Inggris yang terus bertumbuh sehingga kami mengalihkan rute dari London menuju Denpasar,” sambung pemimpin maskapai nasional dari Bali tersebut. “Untuk payload keterisian terhadap penumpang sendiri tidak besar, hanya mungkin 60 persen sampai 70 persen.”

Menurut data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Bali, wisatawan dari Inggris menduduki posisi keempat jumlah kunjungan mancanegara ke Pulau Dewata setelah China, Australia, dan India. Inggris menguasai porsi 4,5 persen dari total jumlah kunjungan wisatawan asing di Bali periode Januari-September 2018 dengan total angka 4,64 juta orang.

Sebelumnya, Garuda Indonesia memang sempat menutup rute penerbangan dari Jakarta menuju London karena tingkat keterisian penumpang yang tidak sesuai harapan. Maskapai pelat merah itu dikabarkan hanya diperbolehkan mengisi 75 persen dari kapasitas pesawat Boeing 777-300 ER yang mereka gunakan untuk terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Heathrow dan sebaliknya.

Garuda Indonesia sendiri pertama kali mengoperasikan penerbangan ini pada tanggal 31 Oktober 2017, atau sekitar setahun yang lalu. Penerbangan ini dilayani Garuda Indonesia tiga kali per minggu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Penerbangan nonstop itu menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas 314 penumpang, dengan rincian 8 kursi First Class, 38 kursi Business Class, dan 268 kursi Economy Class.