Operasional Belum Beres, Menhub Budi Karya Janji Benahi T3 Ultimate Soetta

– Permasalahan yang terjadi di , Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, , Banten ternyata bukan hanya soal genangan air beberapa hari lalu. Banyak penumpang yang mengeluhkan dan pelayanan di Soetta.

Salah satunya pengacara senior Hermawi Taslim. Menurut Hermawi, operasional terminal baru ini masih amburadul dan kesannya terlalu dipaksakan.

Hermawi memakai T3 Ultimate untuk terbang ke pada Sabtu (13/8) lalu. Sehari setelahnya, Terminal 3 Ultimate terkena banjir.

budi karya sumadi angkasa pura 2 - indo-aviation.com

budi karya sumadi angkasa pura 2 – indo-aviation.com

“Ternyata betul masih amburadul memang,” kata Hermawi, Kamis (18/8).

Selain yang mengalami delay atau lebih lama dari biasanya, ternyata eskalator datar ke arah pintu keluar pun tak dapat berfungsi. dan yang ada di bandara juga cukup membuat penumpang bingung.

“Kalau soal bagasi itu, tidak jelas destinasi daerah mana, conveyor-nya sebelah mana, masih membingungkan. Konsumen sempat sering bolak-balik mencari barangnya, memakan waktu lama,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla memberikan batasan waktu 6 bulan bagi PT Angkasa Pura (AP) II untuk memperbaiki semua kekurangan di T3 Ultimate.

Sebagai permulaan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan survei kepuasan pelanggan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dulunya Dirut Angkasa Pura II mengatakan jika survei tersebut akan dilaksanakan satu bulan sekali.

“Karena kan kami akan melakukan improvement. Ada yang secara kasat mata terlihat dan harus diperbaiki. Ada juga yang tidak terlihat, belum diketahui, dan itu harus diperbaiki dengan data yang benar,” Kata Budi di Palembang, Kamis (18/8).

“Sebagai contoh taksi. Taksi yang dikehendaki seperti apa. Apakah pelanggan ingin juga ada taksi aplikasi? Pada dasarnya sih kami berpikir itu perlu masuk bandara suatu waktu. Cuma harus akur sama yang konvensional,” imbuhnya.

Budi optimis bahwa dengan adanya kritik dan saran dari pelanggan, operasional Terminal 3 Ultimate akan lebih baik dari sebelumnya.

“Pesan Pak JK, sekarang dilakukan saja survei. Pada tahap awal, mungkin survei itu akan dilakukan sebulan sekali,” tandasnya.