Tingkat Keterisian KA Bandara Soekarno-Hatta Naik 93%

Jakarta – PT Railink melaporkan adanya kenaikan okupansi atau tingkat keterisian (KA) selama bulan Juli 2020. Adapun persentase kenaikan volume berlangsung pada minggu pertama operasional di bulan Juli dibandingkan dengan seminggu terakhir ini adalah 93%.

Mukti Jauhari, Plt Direktur Utama Railink - www.jurnalasia.com

Mukti Jauhari, Plt Direktur Utama Railink – www.jurnalasia.com

“KA Bandara Soekarno-Hatta sudah beroperasi kembali secara bertahap dan berangsur-angsur mengalami peningkatan penumpang sejak hari pertama beroperasi hingga saat ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Railink Mukti Jauhari, Rabu (5/8), seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Mukti mengungkapkan, jumlah volume penumpang di bulan Juli 2020 mencapai 18.786 orang. “Peningkatan volume penumpang ini didukung dengan adanya kegiatan safe travel campaign yang dilakukan oleh seluruh stakeholder PT Angkasa Pura II dan kami juga secara konsisten melaksanakan protokol kesehatan baik bagi penumpang maupun seluruh petugas frontliner dan fasilitas KA Bandara,” terang Mukti.

Diterapkannya protokol kesehatan tersebut menurut Mukti telah membuat masyarakat memiliki kepercayaan dan kenyamanan saat menggunakan moda KA Bandara Railink. Penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer, serta menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara Soetta. 

Kemudian pihak Railink juga menyediakan fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta demi mengurangi potensi penyebaran virus corona. Tak cukup sampai di situ, PT Railink pun tengah mengembangkan sistem tap and go. “Sistem ini bertujuan untuk mempercepat arus penumpang dan mengurangi resiko penularan,” ujar Mukti.

Setelah kembali beroperasi mulai tanggal 1 Juli 2020 lalu, KA Bandara Soekarno-Hatta Railink dalam sehari melayani 48 perjalanan dengan tujuan Stasiun Manggarai – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya. Selama bulan Agustus 2020 ini PT Railink menawarkan tiket dengan harga spesial mulai Rp10 ribu saja dan bisa dibeli melalui seluruh channel resmi penjualan tiket secara online maupun offline.