Mulai Dibangun 2019, Terminal 4 Bandara Soetta Bakal Usung Konsep Smart Airport

Tangerang – PT Angkasa Pura (AP) II akan segera memulai pembangunan 4 , Tangerang, Banten. Selain itu, PT AP II juga hendak merevitalisasi Terminal 1 dan 2. Hingga kini pihak AP II sendiri masih membuka pelelangan pekerjaan desain Terminal 4 Bandara Soetta.

Djoko Murjatmodjo, Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II (Persero) - lampung.tribunnews.com

Djoko Murjatmodjo, Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II (Persero) – lampung.tribunnews.com

“Jadi, kami (AP II) akan menentukan konsultan yang layak untuk mengkreasikan konsep rancangan terminal berikut basic design serta detail engineering design (DED),” kata Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo di Jakarta, Rabu (7/11), seperti dilansir Okezone.

Kemudian Director Of Finance Angkasa Pura II Andra Y Agussalam juga mengungkapkan jika kini pihaknya pun membuka lelang untuk pengerjaan konstruksi pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta. “Di mana pembangunannya diperkirakan dimulai pada 2019 atau 2021 dan ditargetkan selesai pada 2025, dengan kapasitas mencapai 40 juta penumpang per tahun,” tuturnya.

AP II sendiri memiliki target jumlah kapasitas penumpang dapat mencapai 110 juta orang per tahun di Bandara Soetta. Di samping itu, Terminal 1 dan 2 akan direvitalisasi atau dengan menambah runway dan kapasitas penumpang. “Revitalisasi Terminal 1 dan 2 itu untuk meningkatkan jumlah penumpang dengan target 24 juta penumpang 1 terminal. Di mana saat ini kan masih 9 juta penumpang per tahun. Jadi total 18 juta penumpang dari dua terminal tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT AP II Muhammad Awaluddin memaparkan jika desain Terminal 4 Bandara Soetta akan mengusung konsep smart airport. “Di mana nantinya akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas state of the art technology yang meliputi 3 hal yaitu smart mobility, smart security, dan smart environment,” kata Awaluddin.

Demi mendukung smart mobility, T4 nantinya dilengkapi fasilitas self check in counter, self baggage drop, dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Sedangkan untuk urusan smart security, Terminal 4 bakal ditunjang full body scanner x-ray dan smart CCTV.

Sedangkan urusan smart environment, Bandara Soetta bakal mengusung konsep ecogreen airport lewat pemakaian smart grid, intelligent building management system, serta teknologi yang mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan. Tampilan Terminal 4 pun akan mengombinasikan konsep modern dan kearifan lokal. “Mudah-mudahan tahun 2021 kita sudah mulai pekerjaannya dan selesai dalam waktu 4 tahun ke depan,” tandas Awaluddin.