Mulai 8 Januari 2019, Lion Air & Wings Air Hapus Fasilitas Bagasi Gratis

Jakarta Lion Air dan akan menghapus fasilitas untuk seluruh rute penerbangan mulai tanggal 8 Januari 2019 mendatang. Seperti diketahui, sebelumnya Lion Air memberlakukan kebijakan bagasi gratis untuk penerbangan seberat 20 kg per penumpang, sedangkan free baggage yang diberlakukan adalah 10 kg per penumpang.

Maskapai Lion Air

Maskapai Lion Air dan Wings Air akan menghapus fasilitas bagasi gratis untuk seluruh rute penerbangan domestik mulai tanggal 8 Januari 2019 – lampungpro.com

Menurut Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro, bagasi yang ditarik nantinya akan ditetapkan berdasar rute tujuan penumpang. “Akan diberlakukan kebijakan baru berupa penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis atau cuma-cuma (free baggage allowance). Untuk tarifnya nanti mendekati tanggal 8 Januari kami baru bisa beri tahu di situs kami. Tapi tarifnya itu kan ada di kami, tergantung rutenya,” papar Danang, Sabtu (5/1), seperti dilansir Tempo.

Berdasarkan dari simulasi pemesanan tiket lewat situs resmi Lion Air, untuk penerbangan dari Internasional (CGK) menuju Internasional Adisutjipto Yogyakarta (JOG) untuk keberangkatan Selasa (8/1), sistem masih tercatat menerapkan bagasi gratis 20 kg sebesar Rp 0. Sedangkan untuk tambahan bagasi 5 kg akan dikenai biaya Rp 95.000, 10 kg Rp 190.000, 15 kg Rp 285.000, dan 20 kg Rp 380.000. Jadi bisa saja tarif yang diterapkan berada pada rentang angka tersebut.

Saat dikonfirmasi, Danang juga membenarkan perihal tarif tersebut. Sehingga untuk rute Jakarta-Yogyakarta, tarif bagasi 20 kg berkisar Rp 380.000. “Iya benar,” jawab Danang singkat.

Ditemui secara terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku belum memperoleh informasi seputar penghapusan bagasi gratis. Padahal Lion Air berencana menerapkan aturan baru ini mulai Selasa, 8 Januari 2018 depan. “Belum, belum,” ucap Budi, Sabtu (5/1).

Pihak Lion Air sendiri mengaku telah mengumumkan kebijakan baru ini secara luas ke masyarakat. Bahkan di web resminya pun sudah tercantum informasi mengenai penghapusan layanan bagasi gratis tersebut. Menhub Budi pun menganggap bahwa hal ini juga bukan suatu masalah, selama Lion Air tidak merugikan konsumen. “Tapi yang tidak boleh dilanggar itu safety (keselamatan) jadi kami lihat nanti,” tandas Budi.