Mulai 1 Maret 2018 Tarif PSC di Bandara Soekarno-Hatta Naik

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II akan menaikkan pelayanan udara (PJP2U) atau yang juga kerap disebut dengan Passenger Service Charge (PSC) pada di Terminal 3 serta penerbangan domestik di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta mulai tanggal 1 Maret 2018 mendatang.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta - ekonomi.kompas.com

Bandara Internasional Soekarno-Hatta – ekonomi.kompas.com

Besaran tarif PSC pada penerbangan internasional yang sebelumnya hanya Rp 200.000 per penumpang akan dinaikkan jadi Rp 230.000 per orang. Sementara itu, tarif PSC penerbangan domestik di Terminal 1 dari Rp 50.000 akan naik jadi Rp 65.000 per penumpang, dan penerbangan domestik di Terminal 2 tarif PSC-nya juga naik dari Rp 65.000 menjadi Rp 85.000 per orang.

Menurut Vice President Corporate Communication AP II Yado Yarismano, penyesuaian tarif PSC ini telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Di samping itu, penyesuaian tarif PSC sengaja dilakukan untuk memperbaiki pelayanan dan fasilitas di Terminal 1, 2, dan 3 kepada para pengguna jasa Bandara Soetta.

“Penyesuaian tarif ini atas pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada penumpang. Ini (penyesuaian) juga sudah atas persetujuan dari Kementerian Perhubungan,” beber Yado, Selasa (13/2) kemarin, seperti dilansir Kompas. Yado menambahkan bahwa besaran tarif Passenger Service Charge untuk penerbangan rute domestik di Terminal 3 Bandara Soetta tak mengalami perubahan, yakni tetap dikenai sebesar Rp 130.000 per orang.

Passenger Service Charge (PSC) sendiri adalah salah satu komponen biaya yang harus dibayarkan oleh pihak maskapai karena penumpangnya sudah memakai fasilitas yang disediakan oleh pengelola bandara, dalam hal ini adalah PT Angkasa Pura (AP) II. Tarif PSC tersebut kemudian dimasukkan dalam harga tiket pesawat penumpang. Sehingga dengan adanya kenaikan tarif PSC akan mempengaruhi harga tiket pesawat ke berbagai destinasi.

Kenaikan PSC memang terbilang masuk akal. Pasalnya kini sudah ada banyak fasilitas baru yang dikembangkan oleh PT AP II di Bandara Soetta, mulai dari self check-in atau check in mandiri, kereta layang atau skytrain, dan masih banyak lagi.