Meski Rute Jakarta-Silangit Ditutup, Kunjungan Wisata ke Danau Toba Ternyata Tak Terdampak

Samosir – Sejumlah termasuk sejak beberapa waktu lalu beramai-ramai menutup dari menuju Bandara Silangit. Meski beberapa maskapai berhenti melayani penerbangan Jakarta-Silangit, namun menurut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir rupanya menyatakan bahwa kunjungan wisata ke Danau Toba tidak terpengaruh akan hal itu.

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta - www.tribunnews.com

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta – www.tribunnews.com

“Iya, tapi itu tidak terlalu berpengaruh kunjungan wisatawan ke Danau Toba,” ujar ‎Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Selasa (15/1), seperti dilansir Analisadaily. Lebih lanjut Rapidin berpendapat bahwa langkah Garuda Indonesia dalam melakukan analisis usaha di bidang jasa transportasi udara ini sudah tepat, walau hasilnya maskapai pelat merah ini memutuskan tidak lagi mengepakkan sayapnya ke Silangit.

Seperti diketahui, Garuda Indonesia memutuskan menutup akses penerbangan dari Jakarta ke Silangit lantaran sudah ada 2 maskapai dalam grupnya yang melayani penerbangan dengan rute sama. “Dua penerbangannya yaitu Citilink dan Sriwijaya Air. Dan saya rasa itu tidak ada masalah,” beber Rapidin.

Sebagai informasi, maskapai Garuda Indonesia beroperasi melayani penerbangan dari Silangit ke Cengkareng sejak tahun 2016 lalu. Diduga karena perhitungan bisnis, Garuda Indonesia pun memutuskan untuk menutup rute tersebut. “Saya rasa wajar, ‎Garuda menganalisa dengan cermat rute penerbangannya saat ini dari Jakarta-Silangit,” ucap Rapidin.

Sebelumnya, terhitung per tanggal 13 Januari 2019 Garuda Indonesia mengumumkan tak lagi melayani rute penerbangan Silangit-Jakarta menggunakan pesawat Bombardier type CRJ 1000. “Benar, mulai 13-Januari 2019 Garuda Indonesia menghentikan layanan terbang Silangit-Jakarta PP. Penutupan rute ini sebagai bentuk sinergi Garuda Group. Rute Silangit-Jakarta akan dilayani Citilink dan Sriwijaya,” ucap Lia De Vega, Branch Manager Garuda Indonesia di Bandara Internasional Silangit, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

Tak hanya Garuda Indonesia, maskapai lain seperti Malindo Air pun juga disebutkan telah menutup rute penerbangan ke Bandara Silangit. Hingga kini tinggal beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, dan Wings Air saja yang beroperasi di Bandara Silangit. Sementara itu untuk maskapai luar negeri yang melayani rute penerbangan ke Bandara Silangit adalah Air Asia.