Menhub Tak Ambil Cuti, PNS Kemenhub Dilarang Libur saat Lebaran

Bandarasoekarnohatta.com – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dipastikan sibuk mengamankan seluruh elemen angkutan jelang 2016. Dalam sebulan terakhir, Menhub Jonan terlihat intens melakukan sidak ke beberapa terminal, stasiun, pelabuhan, dan di beberapa daerah.

ignasius jonan menhub - aceh.tribunnews.com

ignasius jonan menhub – aceh.tribunnews.com

Mantan direktur utama PT KAI ini pun mengumumkan bahwa dirinya tidak akan mengambil libur atau cuti Lebaran. Selain itu, Jonan juga melarang semua PNS Kementerian Perhubungan (kemenhub) dan petugas operasional di lapangan untuk cuti alias libur saat Lebaran 2016. Meski demikian, tetap ada kelonggaran pada saat hari H Idul Fitri pada tanggal 6 Juli 2016 untuk berjaga secara bergantian bagi petugas di lapangan.

“Piketnya gentian tapi bukan cuti ya,” ujar Menhub Jonan, Minggu (26/6).

Menurut Jonan, larangan cuti saat Lebaran seperti ini sudah Ia terapkan sejak masih menjabat sebagai Direktur Utama PT KAI.

Dalam salah satu inspeksinya, Kemenhub telah melakukan uji kelayakan terhadap 552 perawat komersil yang akan digunakan pada saat Lebaran. Jonan menegaskan, yang tidak lolos uji kelayakan tidak dapat melakukan saat Lebaran demi menjamin keselamatan bagi masyarakat.

“Kalau tidak ada yang sesuai, lebih baik tidak berangkat. Daripada tidak ada yang datang bagaimana. Ini bukan garis kehidupan yang diberikan oleh Tuhan. Misal, kalau ada yang tidur di (rel kereta) gambir meskipun telah berdoa pasti ‘selesai’,” katanya.

Selepas salat Jumat (24/6), Menhub Jonan sempat melakukan tinjauan ke Bandara Soekarno Hatta. Kali ini, Terminal I Bandara Soekarno Hatta dipilih sebagai lokasi utama peninjauan karena akan menjadi salah satu pusat pemberangkatan bagi penerbangan .