Menhub Apresiasi Prestasi Bandara Soetta Sebagai 10 Megahub Terbaik Dunia

Jakarta () Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasinya terhadap capaian prestasi Bandara , Tangerang, Banten. Bandara baru saja dinobatkan sebagai bandara Megahub dengan indeks internasional terbaik ke-10 dari 50 bandara Internasional terbaik di dunia menurut OAG Megahubs International Index 2018.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasinya terhadap capaian prestasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten – detak.co

“Saya apresiasi atas pencapaian yang diraih Bandara Internasional Soekarno Hatta. Bandara yang memang kita harapkan menjadi bandara megahub yang memiliki konektivitas baik itu maupun Internasional. Ini sangat membanggakan Indonesia,” ujar Budi Karya di Jakarta, Jumat (16/11), seperti dilansir Sindonews.

Ke depannya pemerintah akan berupaya untuk terus mendorong dan meningkatkan kapasitas Bandara Soetta, misalnya saja dengan membangun landasan pacu atau 3 dan 4. Pembangunan 3 dan terminal 4 diharapkan dapat menunjang konektivitas yang lebih tinggi. “Kita harapkan dengan dibangunnya 3 dan terminal 4 dapat memberikan daya dukung konektivitas yang lebih tinggi lagi dan akan lebih naik lagi peringkatnya,” papar mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II tersebut.

Berikut ini daftar 10 megahub terbaik di dunia versi OAG Megahubs International Index 2018:

  1. Heathrow International Airport, (London) Inggris
  2. O’Hare International Airport, (Chicago) Amerika Serikat
  3. Frankfurt am Main Airport, (Frankfurt) Jerman
  4. Amsterdam Airport Schiphol, (Amsterdam) Belanda
  5. Toronto Pearson International Airport, (Toronto) Kanada
  6. Los Angeles International Airport (LAX), (Los Angeles) Amerika Serikat
  7. Hartsfield–Jackson Atlanta International Airport, (Atlanta) Amerika Serikat
  8. Changi International Airport, Singapura
  9. Charles de Gaulle Airport, (Paris) Perancis
  10. Soekarno-Hatta International Airport, (Tangerang) Indonesia

Berdasarkan laporan OAG Megahubs International Index 2018, penilaian indeks konektivitas internasional tersebut didapat dari membandingkan jumlah koneksi terjadwal dari internasional, dengan jumlah destinasi yang dilayani oleh bandara. Bandara Soetta sendiri mendapat indeks konektivitas sebesar 249 poin dengan didominasi maskapai Garuda Indonesia yang melayani internasional hingga 28%.