Menara AMC Permanen ‘Pesanan’ Menhub di T3 Bandara Soetta jadi 2 Minggu lagi

Tangerang – Setelah diminta oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, PT (AP II) mengabarkan akan segera membangun Menara Apron Movement Control (AMC) permanen di baru.

novie riyanto direktur navigasi penerbangan kemenhub - www.beritakepo.com

novie riyanto direktur navigasi kemenhub – www.beritakepo.com

“Kita sudah berunding di office AP II, mereka akan segera membangun AMC di terminal 3 itu dengan ketinggian minimal 13 meter, supaya dia bisa melihat. Tapi permanen, konstruksi baja,” kata Novie Riyanto, Direktur Navigasi Penerbangan Kemenhub saat ditemui di Gedung Cipta Kemenhub, Sabtu (25/6).

Menara AMC permanen tersebut nantinya akan menggantikan dari mobile tower yang sebelumnya sudah ditarik oleh Kemenhub karena keberadaannya dianggap mengganggu garbarata, atau jalur penghubung dengan boarding gate.

Eye level ATC di portable tower itu tingginya 7 meter, lebih rendah dari tinggi garbarata. Jadi ini menghambat petugas ATC membedakan secara jelas landasan pacu sama landasan hubung di dalam maupun di luar,” sebut Novie.

Ia lantas menambahkan, AP II akan menyelesaikan konstruksi menara tersebut dalam kurun waktu dua minggu ke depan.

“Mereka (AP II) berjanji sekitar dua minggu. Oke, semakin cepat ya semakin baik. Kami akan follow up. Sekarang kayaknya sedang dikerjakan itu. Itu nempel ke terminal 3 nya. Satu aja,” pungkasnya.