Masuk Libur Nataru, Bandara Soetta Didominasi Penerbangan Domestik

Jakarta – Puncak kepadatan selama masa dan (Nataru) 2019 di wilayah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten terjadi pada Sabtu (22/12) malam. Berdasarkan data dari Posko Terpadu Terminal 1 Bandara , terdapat 215 ribu penumpang, baik kedatangan atau keberangkatan dengan dan internasional.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin saat berada di Posko Terpadu Bandara Soekarno-Hatta – tribunnews.com

Apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 lalu, saat libur Nataru, tepatnya pada H-4 tercatat 200 ribu penumpang yang memadati Bandara Soetta. “Didominasi dengan penerbangan domestik di keberangkatan khususnya Terminal 1 dan 3. Saat ini, kita juga minta petugas untuk melakukan kesiagaan kepadatan di titik krusial bandara,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin, seperti dilansir Viva.

Sampai Sabtu malam, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soetta diperkirakan mencapai 220 ribu orang. Hingga kini pihak PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soetta pun sudah melakukan koordinasi baik dengan stakeholder di wilayah bandara dan juga dengan pihak maskapai penerbangan. “Untuk maskapai kita koordinasikan terkait dengan kesiapan armada untuk penambahan penerbangan dan kami yakin semua tertangani dengan baik,” kata Awaluddin.

Hingga H-3 perayaan Natal, penerbangan domestik atau tujuan dalam negeri masih mendominasi di Bandara Soetta. Berdasarkan data pada Jumat (21/12) setidaknya ada 1.083 pergerakan pesawat jalur domestik dan sebanyak 276 internasional di Bandara Soetta. Pergerakan pesawat tersebut tercatat tumbuh 2,49% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.053 pergerakan pesawat untuk domestik. Sementara itu untuk internasional sejumlah 273 penerbangan.

“Kami melihat pergerakan ini untuk domestik didominasi di lima destinasi, Denpasar, Sumatera, Surabaya, Jogja, dan Makasar,” beber Awaluddin. Sedangkan untuk rute internasional, ada 5 destinasi yang difavoritkan para wisatawan untuk menghabiskan momen Natal dan Tahun Baru. “Penerbangan internasional didominasi oleh penumpang menuju Singapura, Kuala Lumpur, Madinah, dan Narita,” sambungnya.

Suasana pergerakan penumpang di Bandara Soetta menurut Awaluddin masih dalam keadaan kondusif dan belum ada lonjakan yang cukup signifikan. “Kita masih melihat situasi masih kondusif. Sekarang belum ada penumpukan penumpang,” tandasnya.